Rutinitas Ibu Bekerja

1:54 PM

source here



Heloo apa kabar working mom? Masih sehat waras bahagia kan?
Alhamdulillah sampe detik ini saya masih sehat waras dan bahagia menjadi working mom. Tapi jujur ya, multitasking itu capek. Biar capek juga ada kepuasan tersendiri buat saya. Setelah sekian lama nggak ngalamin yang namanya lembur dan kejar-kejaran waktu. Kalo kerjaan bisa selesai tepat waktu itu rasanya puas banget. Walopun harus nggak tidur semalaman. Saya merasa kembali seperti waktu muda dan berbahaya dulu. Hahahaha

Aktivitas rutin saya dari senin sampe sabtu itu masuk kantor. Iyaaa, kampus saya 6 hari kerja. Sedih banget kan -____- walopun sabtu cuma setengah hari aja sih. Yahhh kadang-kadang sih mlipir pulang sebelum jam pulang, seringnya kalo hari Jumat soalnya mba Alma pulang gasik jam 13.00. Hehe 
Selain pekerjaan formal di kampus, saya juga ada kerjaan sambilan di konsultan. Tapi kadang kerjaan sambilan malah lebih menyita waktu daripada kerjaan utama. Terus gimana bagi waktunya antara kerjaan, mba Alma dan bojo?? Saya akan jembreng rutinitas saya selama seminggu. 


Weekdays (Senin-Jumat)

03.00 - 05.00
Saya bangun jam 3 pagi, ini jadwal yang seharusnya kalo nggak ada lemburan atau kondisi badan fit. Kalo pas capek banget atau nggak enak badan biasanya saya bangun paling siang jam 5. Bangun tidur stretching sebentar lanjut solat. Cus langsung masak sampe selesai. Masak makanan mba Alma dan makanan orangtuanya. Kalo lancar biasanya subuh udah matengan semua. Tapi kadang di tengah masak mba Alma iyek-iyek minta nenen dan kadang nggak mau ditinggal. Kalo udah gitu gantian suami yang masak dan saya tungguin mba Alma. Saya sengaja bangun pagi biar kerjaan masak memasak bisa selesai sebelum mba Alma bangun. Jadi kalo mba Alma bangun cuma tinggal main sama dia, nggak disambi-sambi. Secara yaaa quality time sama mba Alma kan berkurang karena saya kerja. Jadi saya manfaatkan waktu sebaik-baiknya biar bisa fokus sama mba Alma ketika dia melek. 

Kalo saya lagi capek biasanya bangun bareng mba Alma sekitar jam 5 atau setengah 6. Saya cuma masak makanan mba Alma, orangtuanya sarapan telor dadar atau ceplok aja. Hahahaha atau kadang kami langsung jajan sarapan soto. Sekalian beli soto dibungkus buat bekal mba Alma ke sekolah. Selama saya masak, mba Alma sama bapaknya. Atau ikutan main di dapur. 

Kadang kalo saya level capek banget atau mba Alma yang lagi sakit, urusan masak memasak saya serahkan ke suami. Soalnya kalo lagi sakit maunya nempel terus sama ibu. hahaha sampe ke toilet aja minta ikutan -___-


05.00 - 07.30
Di rentang waktu ini ada sarapan, mandi dan siap-siap berangkat. Biasanya setelah bangun tidur mba Alma masih pengen glundang glundung di kasur. Bapak ibunya pun ikutan glundang glundung. Hahahaha 

Baru deh kalo mba Alma udah bangun beneran kita mulai beraktivitas lagi. Kami siap-siapin baju+popok mba Alma buat ke sekolah. Terus kasih makan hamster dan ikan sambil main-main. 

Sekitar jam 6.30 kami sarapan bareng. Mba Alma sekarang udah nggak mau disuapi, maunya makan sendiri. Selesai sarapan, saya dan mba Alma mandi bareng, biar ngirit waktu dan sekalian mempererat bonding.  Bapaknya juga mandi di kamar mandi yang lain. 

Setelah rapih semua baru deh berangkat. Kami nganter mba Alma ke sekolah. Kami bawa motor sendiri-sendiri. Jarak rumah ke sekolah mba Alma lumayan deket, 5 menit naik motor.  Mba Alma digendong bapaknya, sementara saya bawa tas perbekalannya dia. 


08.00 -  15.00
Di rentang waktu ini saya dan suami bekerja. Saya di kampus selain ngerjain kerjaan kampus dan mengajar, saya juga pumping. Biasanya saya pumping 2-3 kali, tapi seringnya 2 kali pas jam 10 an sama jam 2 siang. Dan saya kadang juga makan dua kali di kampus. Wkwkwk nggak kadang sih, tapi sering. Jadi kalo misal saya bawa bekal, biasanya jam 10 an itu udah saya makan. Habis pumping laperrr buuuk. Nah, pas jam makan siang saya ikutan makan lagi bareng temen-temen.

Tugas jemput mba Alma biasanya gantian, siapa yang selo ya dia yang jemput. Kadang saya, kadang bapaknya. Mba Alma bisa dijemput mulai jam 14.30. Jadi biasanya saya sampe rumah sekitar jam 15.00 an. 


15.00 - 20.00
Saya sampe rumah normalnya sekitar jam 15.00 -  16.00. Sampe rumah bisa dipastikan mba Alma langsung minta nyusu. Mba Alma pulang sekolah itu udah rapi bersih wangi. Jadi di rumah udah nggak mandiin lagi. Wkwkwkw tinggal makan malem aja. 

Saya kadang sih mandi pas sore, tapi kadang juga mandi malem habis mba Alma tidur. Jadi sore sebelum magrib itu jadwalnya makan dan main sama mba Alma. Kalo pas cuaca lagi bagus atau pas bapak ibunya pengen keluar, kami jalan-jalan sore. Sekedar jalan kaki sekitar rumah, beli nasi kucing di angkringan atau ke pasar cari jajanan sore. Hehehe
Atau kalo pas suami harus ada kerjaan keluar, kami ikutaaan. Yang penting jalan-jalan gitu yaa. 

Habis magrib itu jadwalnya itu bermain juga. Pokoknya sebelum tidur kami harus menghabiskan waktu sama mba Alma. Kegiatan bermain malam biasanya seputar baca buku, mengaji, berdoa, menggambar, bercerita, main boneka, nyanyi, tepuk tangan atau tempel stiker. Tapi kadang mba Alma juga main yang random sih. Suka-suka dia aja lah. Biasanya sih kalo udah ngantuk jadi random. 

Sekarang mba Alma udah ngerti yang namanya ngantuk. Jadi kalo udah ngantuk bakalan naik ke kasur sendiri sambil bilang "antuuk antuuk bubuu bubuu". Terus cari bantal, nyalain lampu tidur dan matiin lampu utama. Itu udah jadi ritual rutin sebelum tidur. Jam tidur mba Alma kurang lebihnya jam 20.00, kadang kurang kadang lebih.


20.00 - 03.00
Habis mba Alma tidur terus ngapain??? Seringnya sih saya ikut ketiduran sambil nenenin mba Alma. Hahahaha yaa kaliii emak-emak mana tahan nenenin nggak sambil ketiduran. Belakangan memang seringnya begitu, kalo mba Alma tidur ya bapak ibunya ikut tidur juga. Kecuali kalo memang ada yang harus dikerjain, itu pun biasanya pake nyetel alarm. Soalnya kalo nemenin mba Alma tidur sudah bisa dipastikan bapak ibunya ikutan tidur semua. Hahahaha

Kalo lagi ada deadline banget, kami bisa nggak tidur semaleman. Mba Alma biasanya masih minta nenen sekitar 2 jam sekali pas tidur. Kadang baru buka laptop juga anaknya udah iyek-iyek minta nenen -___-

Semua pekerjaan kami padatkan di weekdays termasuk urusan cucian. Cucian masuk laundry semua sih kecuali baju dalam sama baju mba Alma. Wkwkwk
Jadi saya biasanya nyuci kalo malem. Atau sekalian pas mandi, baju dalem langsung dicuci, baju mba Alma juga. Suami juga gitu, cuci baju dalem sekalian mandi. Jadi nggak perlu waktu khusus buat nyuci. Kami nggak rela kalo weekend harus nyuci. Intinya prioritas kami adalah mba Alma. Waktu luang kami yang tersisa sebisa mungkin dimanfaatkan untuk nemenin mba Alma bermain dan belajar. Masa ya udah seharian ditinggal kerja, pas udah di rumah juga masih disambi-sambi. Kami nggak mau. 


Weekend
Sayangnya Sabtu bukan hari libur buat kami yang dosen swasta. Hiksss.....
Alhamdulillah semester ini saya nggak ada jadwal ngajar hari Sabtu. Jadi Sabtu ya selo aja. Karena sekolah mba Alma hari Sabtu libur jadi kadang dia di rumah sama mbahnya atau sama bapaknya kalo pas nggak ngajar. Atau saya pulang gasik jam 10 an. Sering juga hari Sabtu saya bawa ikut ke kampus kalo pas lagi selo. Dan mba Alma seneng juga ikut ke kampus.

Weekend buat kami itu waktunya quality time sama mba Alma, membayar waktu weekdays yang sudah dihabiskan dengan bekerja. Sabtu sore pulang dari kampus biasanya kami jalan-jalan santai. Tujuannya sih lebih sering random. Hahaha
Baru lah hari Minggu biasanya lebih terencana. Minggu pagi kadang jalan pagi ke pasar, main ke taman bermain, main ke sungai, main ke sawah, mostly kegiatan outdoor di pagi hari mumpung udara masih seger. 

Pulang dari jalan pagi, kami biasanya sih bersih-bersih ringan level yang beresin kamar sama nyapu doang. Hahaha habis itu glundang glundung aja di kasur sambil main sama mba Alma. Dan biasanya berlanjut tidur siang. Naahh, setelah tidur siang dan makan siang ini biasanya suami udah ribut bosen di rumah mau jalan ke luar lagi. Hahaha yang ini biasanya tujuannya random juga sih

Atau agenda lain misal nggak jalan keluar adalah MASAK!! Karena kami suka masak dan makaaan. Yeeeee...masak makanan yang level agak ribet yang nggak mungkin dimasak pas weekdays, yaah semacam ikan bakar, nasi liwet, sate, atau apapun yang kami lagi pengen.

Weekend juga biasanya bikin saya lebih kreatif main di rumah sama mba Alma. Main Montessori ala-ala semacam main tepung warna, meronce dan lain-lain.

Kalo ada tugas luar kota dan nginep gimana?? 

Mba Alma diajak dan kami harus sepaket. Kalo ada tugas luar yang tidak boleh bawa anak, saya lebih baik membatalkan. Lebih baik membatalkan pekerjaan daripada harus meninggalkan anak.  Mba Alma sudah terbiasa diajak ibu bapaknya kerja. Ikut ke kampus, ikut rapat, ikut workshop, ikut ke lapangan, ikut ngajar. Alhamdulillah sampe sekarang dia sangat kooperatif ketika diajak bekerja. Jarang sekali rewel.


----

Duuh ternyata sudah panjang ya buuk. Ini udah lama banget mengendap di draft, saya nggak kober ngelanjutin. Malah jadi curhat panjang lebar.

Intinya jadi working mom atau stay at home mom itu harus kuat harus bakoh dan harus tetap happy. Nggak usah mikirin omongan orang yang tidak pernah tahu apa yang telah, sedang dan akan kita jalani.

Saya bersyukur sekali ada superman di samping saya, suami. Suami saya mendukung sepenuhnya saya bekerja dan berkarir. Bagi saya ini sebuah anugerah yang besar, ridho suami. Tanpa dia saya bagaikan sego kucing tanpo karet, ambyaaaar luur. Hahahaha

Tetap semangaat tetep bakoh ya buuuk working mom, tidak usah kakehan sambat, jalani hadapi dan hepi-hepi!!

-nuki-








You Might Also Like

1 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews