Survive #dirumahaja

6:57 AM

source here


Setelah 3 minggu di rumah aja, bagaimana perasaannya makemak?? Sekian lama nggak posting blog, sekalinya posting pada saat krisis kaya gini. Semoga wabah ini segera berlalu ya Allah.

Dua minggu awal di rumah aja, kita bertiga masih waras bahagia sentosa. Malah seneng bisa di rumah aja nggak buang-buang energi harus ke luar rumah. Karena ndilalahnya kami bertiga INTROVERT. Hahahaha...lagian semuanya bisa dilakukan di rumah. Saya dan suami masih happy, Alma malah happy banget karena tiap hari bisa main sama bapak ibu. 

Lewat 2 minggu udah mulai oleng sodara-sodara. Suami udah mulai judeg, saya juga rasanya nggak karuan. Di masa seperti ini jadi rasa khawatir meningkat pastinya. Saya sendiri kepikiran keluarga saya di kampung halaman. Bukan kepikiran pengin mudik, tapi lebih pada mengkhawatirkan kondisi  di sana. Apalagi bapak saya kemarin habis sakit, kondisi imunitasnya lagi turun. Dan di kampung halaman sudah banyak yang mudik dari Jabodetabek. Beberapa ada yang tetangga dekat yang kalo mudik pasti main ke rumah. Ini sih yang bikin khawatir. Khawatir karena kesadaran masyarakat kampung tentang corona masih rendah. Pada akhirnya saya buang semua kekhawatiran tentang sesuatu yang berada di luar kendali saya. 

Menjaga tetap waras di saat kondisi seperti ini itu penting banget. Karena stress bikin imunitas turun. Saya udah ngerasain sendiri. Pastinya kita harus adaptasi sama keadaan dan banyak hal yang harus disesuaikan. Saya dan suami work from home, sementara Alma home learning. Saya mau cerita beberapa hal yang saya dan suami lakuin untuk menjaga kewarasan kami. 

1. Turunkan ekspektasi, turunkan standar
Turunkan eksptektasi dan turunkan standar untuk semua hal. Iyaaa semua hal, mulai dari urusan kerjaan, urusan home learning anak, urusan rumah. Semuanya turunkan standar biar nggak stress. 

Pertama, urusan kerjaan. Pada urusan pekerjaan dan target pribadi, ada beberapa hal yang jadinya melenceng dari perencanaan dan jadinya nggak tahu kapan bisa terlaksana. Awalnya saya kepikiran, duh gimana kalo jadi nggak sesuai target. Tapi ya balik lagi, ini semua di luar kendali saya, perlahan sadar dan menerima. 
Laluuu, turunkan standar untuk mahasiswa. Hahahaha...di saat seperti ini mahasiswa dimana-mana isinya sambat. Lhaah dipikir dosennya juga nggak sambat apa??? Kuliah online itu mayan jadi kerja dua kali. Lha wong kuliah tatap muka aja pada yang nggak mudeng, apalagi kuliah online. Belum lagi mahasiswa pada sambat fakir kuota. Jadinya kuliah online saya sesuaikan dengan kondisi mahasiswa aja. Tugas juga dibikin selow, nggak yang harus terdeadline banget. Cuma ya tetep aja ada mahasiswa yang kebangetan. Dikasih keringanan terus jadi malah terlalu santuy. Bikin geregetan banget. Tapi jadinya cuman misuh-misuh aja di WAG dosen, nggak misuh-misuh sama mahasiswanya. 
Waktu bekerja pada saat WFH juga pastinya jadi lebih fleksibel. Siang hari nggak mungkin bisa kerja full sesuai jam kerja. Karena harus gantian nemenin anak. Jadinya saya tetep bekerja di dini hari. Emang karena baru bisa mikir jernih pas jam segitu. Hahahaha

Kedua, urusan home learning dan momong Alma. Mungkin ini bisa jadi satu postingan sendiri sih sebenernya. Saya tulis kalo udah sempat deh. Alma dapat list tugas harian tiap Senin-Jumat. Nggak berat sih, cuma 1 kegiatan/tema aja. Lalu ada target mingguan juga yang harus dicapai pada 1 minggu itu. Target mingguan ini kami bagi dua, saya ngajarin apa, suami ngajarin apa. Kegiatan-kegiatannya saya sesuaikan sama keinginan dia aja. Karena kadang ada tema dari sekolah yang dia nggak begitu tertarik, jadinya ya udah dikerjain sebisanya aja. Kalo dalam 1 hari itu ternyata nggak sempat atau anaknya nggak mau ngerjain, ya dirapel aja hari berikutnya kalo dia udah mau ngerjain. Selama ini nggak terlalu banyak drama sih. Screen time juga masih wajar. Alma sendiri udah paham kenapa harus di rumah aja. Umur menjelang 4 tahun udah bisa banget diajak diskusi dan dikasih pengertian. Jadi sama sekali nggak pernah ngajak main ke luar. Karena dia emang seneng main di rumah sama bapak ibu. 
Itu karena anaknya satuuu, apa kabar mamak-mamak yang anaknya lebih dari satu?? Apalagi kalo  ada yang udah SD. Saya liat beberapa temen yang anaknya SD, tugasnya banyaaak. Semangaaat ya maak, kalian nggak sendirian!!

Ketiga, urusan rumah. Hahahaha...monmaap urusan rumah paling penting buat saya itu masak. Penting banget karena selama di rumah itu bawaannya laper terus. Harus sedia cemilan diantara jam makan. Kami bertiga jadi cranky kalo kelaperan. Hahaha...jadi harus banget ada makanan, demi kestabilan rumahtangga. Selain urusan masak, hempaaas sajaah seperti biasanya. Urusan nyapu ngepel bisa lah sambil lalu, sambil nemenin anak main, sambil nungguin mahasiswa ngerjain kuis. Urusan cucian selama WFH ini jadinya kami nggak laundry karena antara takut dan karena bajunya baju rumah doang. Sudah jelas tidak disetrika lah, karena cuma baju rumah aja kan ngapain disetrika. Monmaap saya tidak ada passion setrika, kecuali terpaksa karena bajunya lecek banget. Beres-beres rumah juga jadi nomer ke sekian. Lhaa anaknya full di rumah sudah pasti semua sudut ruangan jadi arena bermain. Bebaaas bebaaas deh. Walaupun Alma juga udah bisa beresin mainan, tapi ya beresin mainan versi anak-anak. Jadiii beres-beres rumah kalo udah mood dan sempat aja. 


2. Bagi tugas
Bagi tugas sudah tentu karena saya dan suami sama-sama WFH. Tiap hari jadwalnya disesuaikan dengan jadwal pekerjaan kami. Misalnya, saya kerja pagi, berarti suami nemenin Alma. Nanti siang gantian, dia kerja, saya nemenin Alma. Kalo pas ternyata jam mengajar atau rapat barengan, Alma main sendiri atau main sama simbah. Sebenernya Alma udah paham sih kalo dibilangin bapak dan ibu bekerja dulu. Cuma ya namanya anak-anak, walaupun bisa main sendiri tapi tetep aja cari perhatian. Wajar banget. Atau kadang penasaran sama teleconference jadinya suka nongol pas rapat atau kuliah. 
Kebetulan di semester ini, suami lagi nggak terlalu sibuk dan sebagian pekerjaannya udah selesai. Saya justru yang lebih sibuk. Kalo lagi sama-sama sibuk kadang bisa senggol bacok semua. Hahahaha

Bagi tugas urusan rumah sih udah default aja lah kaya hari biasanya. Siapa yang lagi sempet ya dia yang ngerjain, nggak ada bagi tugas yang saklek. Mulai dari masak, beres-beres, cuci piring, cuci baju. Karena udah terbiasa jadinya ya biasa aja. 


3. Me time dan regulasi emosi
Ini bagian yang penting sekali untuk menjaga semuanya berjalan lancar. Kami bertiga termasuk introvert yang memang butuh waktu sendiri lebih banyak dari orang lain. Jadi beneran kami bertiga itu harus ada waktu me time yang benar-benar sendirian. 

Awal WFH saya merasa nggak enak badan karena tenggorokan sakit, badan juga rasanya gemreges nggak enak. Saya mematuhi anjuran untuk istirahat cukup, makan sehat, minum rebusan rempah-rempah, minum vitamin. Hasilnya??? Nggak ngaruh. Tetep aja itu tenggorokan sakit dan badan gemreges. Akhirnya saya nyadar kalo saya stress. Stress karena tidak punya waktu untuk benar-benar sendiri. Di hari biasa saya punya waktu untuk benar-benar sendiri ketika malam atau dini hari. Waktu sendiri itu saya habiskan untuk bekerja sambil nonton drakor atau denger lagu. Beneran sendiri karena suami dan anak tidur. Nah, karena waktu itu saya nggak enak badan, jadi saya menghentikan aktivitas itu dan memilih tidur aja biar badannya enakan. Tapi kenyataannya tetep aja. Akhirnya saya mulai lagi aktivitas itu. Daaaan sembuuh dong yaaa. Tenggorokan oke, badan seger juga. Padahal saya kurang tidur, tapi kebutuhan jiwa saya terpenuhi. Waktu tidur malam yang berkurang itu saya ganti tidur siang bareng anak. Jadi pentiiiing banget untuk menyadari apa yang tubuh dan jiwa kita butuhkan. 
Minggu ke-2 saya juga merasa stress. Tapi nggak tau kenapa, rasanya campuraduk banget. Pengin nangis tapi nggak bisa. Akhirnya saya nonton CLOY lagi dong, yang bagian sedih, yang bagian nggerus pokoknya. Cuma biar bisa nangis aja. Akhirnya bisa nangis dong, sampe ndlewer-ndlewer dan itu bikin lega. Di dua bulan terakhir ini saya berterimakasih banget sama CLOY. Hahaha...karena bikin emosi saya kembali stabil. Thank you Riri couple....
Kuncinya ada di menemukan apa yang bikin kita happy sih. Begitu stress, sedih atau apapun yang bikin perasaan nggak enak, lakukan apa yang bikin kita seneng. Kalo liat berita bikin stress, jangan liat berita. Saya pun pada akhirnya membatasi liat berita. Paling ya liat update 1 minggu sekali. 

Suami juga punya waktu me time sendiri. Biasanya ketika dia tiba-tiba menghilang nggak tahu kemana, entah di ruang kerja entah sendiran di kamar, dia lagi me time. Awalnya saya kadang bete, karena tiba-tiba ngilang gitu aja, ternyata lagi rebahan sambil youtube an. Ngeselin juga awalnya, karena dia nggak ngomong dan itu siang hari dimana saya sama Alma lagi main bareng. Jadinya kita cewek-cewek merasa dicuekin terus bete deh. Tapi lama-lama saya paham juga, setiap orang punya cara me time yang berbeda. 

Alma juga punya waktu me time. Jadi ada waktu dia pengen main sendiri atau sendirian aja di kamar. Hahahaha...awalnya bapak ibunya ketawa-tawa juga. Ini anak ngapain sih sok iyuh banget. Tapi kenyataannya dia memang butuh waktu sendiri. Biasanya terjadi pas mau tidur siang, bapak ibunya diusir dari kamar dong.
"Aku mau tidur sendiri. Bapak ibu keluar ya, di belakang aja. Nanti kalo mau masuk ketok pintu dulu ya." Hahahaha...orangtuanya cuma bisa ketawa-tawa. Yaudah itung-itung couple time buat bapak ibunya.
atau gini
"Bapak ibu jangan ke sini. Aku mau main sendiri."
Kadang kita iseng ngintipin, ngapain sih dia sendirian. Ternyata ya mainan sendiri, ngomong sendiri atau cuma sekedar guling-guling aja di kasur. 

Ketika sudah judeg di rumah, suami punya ide buat jalan-jalan ke luar rumah pake mobil. Cuma di mobil aja nggak keluar. Jadi cuman muter aja liat kondisi sekitar. Itu lumayan membantu sih. Balik ke rumah jadi lebih seger. Pastikan membawa masker, hand sanitizer, desinfektan, tisu basah dan tisu kering di mobil, walaupun nggak keluar mobil.  


4. Berbagi
Rasanya sangat tidak pantas kalo kami banyak sambat, kami WFH masih dapat gaji utuh. Sedangkan di luar sana masih banyak orang lain yang bekerja harian. Yang kalo hari itu nggak kerja, maka nggak bisa makan. Tukang bakso keliling, tukang becak, tukang roti, abang gojek, semuaa yang mengandalkan pendapatan harian, mereka sekarang dalam masa sulit. 
Berbagi dengan orang-orang sekitar memberikan perasaan yang berbeda. Sisihkanlah sebagian rejeki untuk membantu mereka yang membutuhkan. Kalo bisa diberikan langsung ke orangnya. Kenapa?? Karena kita bisa lihat langsung ekspresi orang yang menerima. Dan itu buat saya benar-benar menyentuh dan membuat kita jadi bersyukur banget pada kehidupan sendiri. Berbagi itu seperti mengisi ulang energi kita. Ayo sama-sama berbagi. 

Keriwehan kita di rumah itu nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan tenaga kesehatan yang berada di garis depan. Yang bahkan mereka mempertaruhkan nyawa mereka sendiri. Jadi tolong bantu mereka dengan tidak keluar rumah. Berikan semangat bagi yang punya temen tenaga kesehatan. Lakukan hal-hal yang bermanfaat minimalnya untuk diri sendiri, syukur-syukur kalo bisa bermanfaat bagi sekitar. Kalo belum bisa bermanfaat bagi sekitar, setidaknya jangan bikin panik ataupun mengganggu sekitar. 

Nikmati hal-hal yang hanya bisa dilakukan ketika kita di rumah aja. Yang kalo pada saat kerja reguler kita tidak bisa melakukannya. 

**

Sekian maak, curhatan dari saya. Semoga semuanya sehat-sehat dan dalam lindunganNya. Semoga wabah ini segera berlalu ya. 









You Might Also Like

2 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews