#OurHomeCuisine 2: Es Krim Kacang Hijau

8:00 AM




Sejak hamil saya sering bikin rebusan kacang ijo campur gula buat naikin Hb. Sampe sekarang waktu menyusui saya masih sering bikin rebusan kacang ijo. Karena lama-lama bosen dibikin itu-itu aja, akhirnya saya coba bikin es krim deh. 

Yuk marii disimak resepnya...


Bahan:

100 gram kacang hijau
50 gram gula merah atau sesuai selera, kalo mau lebih manis tambahin lagi
200 ml air
4 sachet susu kental manis
2 sdm munjung maizena
1 sdm SP, ditim
1 sachet santan instant (saya pake Kara yang kecil)


Cara membuat:

1. Rendam kacang hijau selama kurang lebih 5 jam biar melar
2. Rebus kacang hijau dengan gula merah dan santan. Lalu dinginkan. 
3. Hancurkan rebusan kacang hijau+gula+santan yang sudah dingin pake blender sampe lembut.
4. Encerkan maizena dengan air, lalu campurkan dengan susu kental manis. Rebus campuran maizena+susu kental manis sampe meletup-letup. Biarkan dingin.
5. Setelah dingin, campurkan bersama kacang hijau yang sudah halus tadi. Blender lagi sampe tercampur rata. Tuang ke dalam cetakan, masukkan ke freezer. Tunggu 8 jam sampe beku.
6. Setelah beku, keluarkan dari freezer. Tunggu sampe agak sedikit leleh. Lalu dimixer bersama SP yang sudah ditim. Mixer sampe mengembang, sampe kaya jadi adonan cake.
7. Tuang ke cetakan, masukkan freezer. Tunggu sekitar 8 jam sampe beku. Daaan es krim nya jadiii. Bisa juga dijadiin popsicle. 


Simpel dan gampang buat nikmatin es krim kacang ijo di tengah cuaca panas. Menurut saya hasilnya sih sudah oke. Tapi mungkin kurang perfect sih, karena waktu keluar freezer es krim nya keras banget. Ternyata suhu freezer saya terlalu dingin. Saya set -18 derajat karena buat nyimpen ASI. Jadi kalo bisa suhunya diturunin dulu jadi sekitar -10 derajat biar es krim nya nggak keras banget. 

Ini penampakan es krim nya.....


ini yang pake popsicle


kok mencaiiir?? 



Ada yang punya pengalaman lain bikin es krim? Share yaaa :)

-nuki-




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews