Review Pompa ASI: AVENT Single Electric Breastpump dan MEDELA Harmony Lite

9:29 AM


Setelah sekian lama nggak posting review, kali ini saya mau posting review breastpump. Bagi ibu menyusui yang bekerja, pompa ASI adalah senjata utamaaaa. Jadi bener-bener harus pilih yang bersahabat. Soalnya bakalan dipake lama. Sekarang ada banyak pilihan pompa ASI. Tinggal mau pilih yang kaya apa. Dari yang manual sampe elektrik, dari yang harga terjangkau sampai yang bikin kantong bolooong. Hahaha

Yuuk ahh langsung cus aja. Selama ini saya pakai 2 pompa ASI. Yang satu elektrik, satu lagi manual. 


1. AVENT Single Electric Breastpump 

source here

source here


Saya pake pompa ini sejak 2 minggu an setelah lahiran. Dan saya nggak beliiii loh ini. Alhamdulillah ada kakak kelas saya yang baik banget minjemin saya AVENT karena dia udah nggak pake lagi. Bahkan ketika saya belum kepikiran beli pompa ASI, karena waktu itu emang saya kan di rumah aja, nggak kerja. Terimakasih mba Tih, pinjamannya bermanfaat sekali. Semoga Allah membalas kebaikan mba Tih sekeluarga. 

Karena awalnya saya ibu rumah tangga, saya jarang pumping. Pumping biasanya cuma kalo mau pergi dan mba Alma ditinggal. Itu juga bisa dihitung pake jari. Jadi saya cuma nyetok ASIP sedikit sekitar 5-10 botol saja.

AVENT ini enak dipake, nggak bikin sakit karena ada karet di bagian corongnya. Waktu awal nyoba saya sempat bingung karena ASInya malah nggak keluar. Ternyata karena posisinya kurang pas. Kalo udah pas enak banget dan cepet aja tau-tau udah banyak. Harga di pasaran sekitar 2 jutaan.

AVENT elektrik punya 2 fase memompa. Yang pertama mijet dulu untuk stimulasi. Setelah ASInya keluar baru deh diganti mode memompa. Kekuatan hisapan diatur jadi 3 level. Kalo saya paling mentok pake level 2. Sejak saya mulai bekerja, si AVENT saya bawa ke kampus. Dan performanya wuuuuuss jangan ditanya. Keren banget lah pokoknya. Entah kenapa kalo saya pake di rumah kok performanya nggak kaya waktu di kantor. Sering deh saya pumping di rumah pake AVENT tapi keluarnya dikit banget. Mungkin tiap orang beda-beda ya. Intinya kalo saya si AVENT lebih cocok dibawa ke kantor.


Kelebihan:
- enak dipake tanpa rasa sakit karena ada karet di bagian corongnya
- pijatannya lembut
- kalo posisinya pas, keluarnya cepet banget dan bisa maksimal. 10-15 menit kadang bisa langsung dapet 140 ml kalo lagi penuh
- nggak pegel dong yaaa. kan elektrik, tangan yang satu bisa bebas sambil ketik-ketik atau main sosmed. hahaha


Kelemahan:
- suara mesinnya berisiiiik, kata temen saya mirip suara printer. wkwkwk.... makanya saya bawa ke kantor. kalo pumping di rumah mba Alma sering kebangun karena berisik
- bentuknya lumayan bulky dan nggak bisa dipreteli, jadi akan makan tempat kalo dibawa-bawa
- kalo posisi ibu kurang nyaman, ASInya susah keluar. jadi bener-bener harus pas banget
- kalo PD belum penuh performanya kurang maksimal di saya. dikit-dikit keluarnya.


2. MEDELA Harmony Lite

source here
source here


MEDELA ini saya beli ketika persiapan mau mulai kerja. Setelah banyak liat merk sana-sini, liat review dan juga tanya temen-temen, pilihan saya jatuh ke MEDELA Harmony Lite. Pompanya enteng, bisa dipreteli bagian-bagiannya. Jadi lebih enak dibawa kemana-mana.

Terus si MEDELA ini gampang pakenya, nggak ribet kaya pake elektrik. Jadi kalo di rumah saya lebih sering pake ini. Kira-kira pengen pumping tinggal langsung pumping aja dan tanpa berisik. Harga di pasaran sekitar 400 ribu an.


Kelebihan:
- spare part bisa dipreteli jadi lebih enak dan ringkas kalo dibawa kemana-mana
- hisapan kuat jadi walaupun PD nggak penuh pun ASI masih bisa keluar lancar
- walaupun manual nggak pegel. tuasnya enak banget. ringan dan empuk
- service center tersebar luas, sparepart juga banyak yang jual

Kelemahan:
- perintilan sparepart kecil-kecil, jadi rawan ilang. punya saya pernah bagian o-ring nya hilang, jadi mompanya nggak maksimal. akhirnya beli sparepart nya
- karena hisapannya kuat, kadang waktu awal-awal sakit
- nggak ada tutup corongnya


***

Segitu dulu ya buibuuuk review dari saya. Untuk masalah pompa ini cocok-cocokan sih ya. Kadang beda-beda tiap orang. Tapi ini penting bangeeet buat saya performa pompa. Soalnya mba Alma masih minum ASIP 3-4 botol. Jadi kalo pompanya nggak bersahabat bisa berabeeee.

Semoga bermanfaat ya buuuk...

-nuki-

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews