#CeritaAlma: MPASI Pertama Alma

9:06 AM




Akhir bulan Oktober kemarin mba Alma genap berusia 6 bulan. Itu artinya sudah waktunya makaaan. Ini dia yang saya tunggu-tunggu. Penasaraaan pengin liat mba Alma makan.

Saya memutuskan untuk menu pertama adalah puree alpukat. Kenapa puree alpukat? Karena alpukat itu plain. Nggak ada rasanya. Wkwkwk...jadi mau nyobain makanan yang nggak enak dulu buat mba Alma. Yang orangtuanya nggak doyan kalo nggak ditambah perasa lain. LOL.


Rencana sih jadwal makannya mba Alma pagi dan siang dulu. Pagi jam 7 dan siang jam 1. Rencanaaaa ini rencanaaaa. Prakteknya? Gagaaal totaaaal. Langsung aja saya sharing gimana MPASI mba Alma selama kurang lebih 12 hari pertama. Setiap menu diulang 3 hari untuk pengenalan rasa.


1. Puree Alpukat

Alpukat saya blender terus ditambah ASI. Awal-awal sih diblender ya, tapi karena sedikit kan jadi cuma nempel di pisau blender. Maleeees. Hahaha akhirnya saya kerik halus.

Suapan pertama, mba Alma nyengir-nyengir terus hoek-hoek. Tapi masih ditelan sih. Saya terusin habis setengah porsi dari 2 sendok makan orang dewasa. Mba Alma keburu ngantuk dan pengin nenen. Makan siang juga begitu. Cuma habis setengah.

Hari ke-2 dia uda nggak hoek sama alpukat. Tapi makan pagi masih sama kaya hari sebelumnya, keburu ngantuk bete -____-
Makan siang saya putar otak biar habis maemnya. Mangkok makannya saya taruh meja makan, terus dimainin sama mba Alma. Maemnya lahap sampe mangkoknya digigit-gigit. Hahaha

Hari ke-3 makan pagi setelah bangun tidur pagi. Nggak bete lagi. Tapi maemnya tetep nggak habis walopun uda pake cara naruh mangkok di meja -____-
Makan siangnya saya suapin sambil saya juga ikut makan. Berhasiiil. Habis ludes.

Selama makan alpukat ini pupnya alhamdulillah lancar. Jadwal makannya saya bikin sesuai mood bocah. Kalo mood lagi bagus saya suapin. 
Itu juga kadang ditengah makan bisa jadi bosen terus bete -___-
Pokoknya hindari makan waktu anaknya ngantuk atau bete.



2. Puree Pepaya

Pepayanya saya kerik terus dicampur ASI. 
Hari ke-1, makan pagi nya nggak habis. Pake bete minta turun dari kursi makan -___- kalo udah bete dia nggak mau buka muluuut. 
Makan siangnya nggak habis, tapi lumayan lah sisa dikit. Waktu hari pertama ini mba Alma sempet pilek. Saya bingung kenapa, saya inget-inget habis ngapain. Eeeeehhh, ternyata waktu ngasih pepaya ke mba Alma itu masih dingin. Baru keluar dari kulkas -_____-

Hari ke-2, makan pagi setelah tidur pagi lamaa, habiis alhamdulillah. Hehe..laper kali ya bangun tidur. 
Makan siangnya sisa sedikit. Jam makan siangnya suka-suka, antara jam 11 sampe jam 2 siang.

Hari ke-3 uda mulai saya tambah porsinya. Sarapan nggak habis juga. Kayaknya mba Alma emang belum laper banget waktu pagi. Jadi maemnya emang sedikit. Kalo uda kenyang dia bakalan hoek atau makanannya dilepeh. 
Makan siang masih sisa dikit sih. Tapi itu porsinya udah saya lebihin dari 2 sendok makan.

Selama makan pepaya mba Alma susah pup. 3 hari baru pup dan keras, dia sampe ngeden-ngeden. Kayaknya mba Alma nggak cocok sama pepaya -___-
Saya baca di artikel, nggak semua bayi sama, ada yang cocok ada yang nggak. Kalo yang cocok sama pepaya pup nya lancar, kalo nggak cocok malah bisa bikin sembelit.


3. Puree Pir

Pir-nya dikukus dulu terus diblender. Yang ini nggak saya tambah ASI karena pir udah banyak kandungan airnya. Teksturnya halus lembut gitu.

Hari ke-1, saya bikin puree dari setengah pir ukuran besar. Jadi puree sekitar 8-9 sendok makan. Itu buat sehari saya taruh wadah tertutup. Kalo mau makan tinggal tuang sedikit dulu, nanti kalo kurang baru nambah. Sayang kalo nggak habis terus kebuang. 
Karena porsi sarapan mba Alma sedikit, jadi saya kurangin dari 2 sendok makan. Sisa sedikit. Terus makan siangnya lahaaap bangeeet. Waktu itu saya suapin nggak di meja makan sih. Dia lagi happy main, terus saya tes pake sendok. Sendoknya dikejar. Berarti laper. Saya suapin deh, awalnya dia masih fokus main. Tapi akhirnya fokus makan. Lahaaap bangeeet. Cepet juga maemnya. 
Waaah seneng banget saya. Terharuuu *lebaay

Hari ke-2, saya habiskan sisa separo pir yang kemaren. Sarapan masih tetep ya porsinya sedikit. Tapi habis karena saya tuang makanannya sedikit demi sedikit. Makan siang lumayan habis banyak. Sisa makanannya tinggal sepertiga. Rencana sih mau saya suapin buat sore. Sore itu kami bertiga mau pergi belanja terus mampir ke rumah teman suami. Tapiiii saya lupaaa nggak bawa makanannya mba Alma -____-   Ya uda deh akhirnya sisa dibuang.

Hari ke-3, saya beli pir lagi yang biasa, bukan SUNPRIDE. Saya bikin puree semua. Jadi sekitar 8 sendok makan. Sarapan tetep ya porsinya sedikit. Makan siang lumayan habis separo. Waktu makan pir mba Alma cepet banget nelannya karena pir banyak air. Sisanya mau buat nyuapin sore. Kebetulan kami mau pergi ke Bantul, ke rumah simbah. Saya bawa deh, dan disuapin di sana. Lahaaaap maemnya. Tapi masih sisa dikit, saya yang habisin.

Selama makan pir, pup nya lancar.


4. Puree Apel

Ini juga sama kaya pir, dikukus terus diblender. Rasanya juga hampir sama sih. Manis-manis gitu. Pas hari pertama puree apel nya nggak saya tambah air ataupun ASI. Jadi teksturnya kentel seret gitu. Puree nya dibuat dari satu apel manalagi jadi sekitar 6-7 sendok makan. Dan masih ada yang belum halus. Jadi mba Alma lama nelannya. Hari pertama lancaaar. Satu hari makan 3 kali. Habis sampe sore.

Hari ke-2 puree nya saya tambah air sedikit. Teksturnya jadi lebih halus. Sarapan cuma habis sedikit. Makan siang jam 11 habis banyak. Tapiii habis makan teriaak teriaaak. Terus jadi muntah deh, karena makanannya belum masuk banget ke perut. Habis muntah minta nenen terus tidur. Bangun tidur makan lagi dan kuraaaang. Karena kelamaan kalo harus ngukus de el el. Akhirnya saya kasih biskuit Farley separo.

Hari ke-3 juga lancaaaar. Puree nya habis dalam 3 kali makan. Makan yang terakhir sore jam setengah 5 an. Daaan bikin mba Alma berlebihan energi. Nggak tidur-tidur -____-

Selama maem apel, pup nya juga lancar.

*



Begitulaah buibu MPASI 12 hari pertama mba Alma. Beberapa kendala sedikit menurut saya siiih.

Belum punya jadwal makan yang pasti
Mba Alma belum punya jadwal makan yang pasti. Saya nyuapin waktu dia lagi mood, kalo lagi nggak mood cuma bikin gara-gara aja. Kadang sarapan jam 7, kadang jam 8. Makan siang kadang jam 11, 12, 13, 14. Hahahaha pokoknya liat-liat kondisi anaknya deh. Saya nggak mau maksa anak makan. Jadi biasanya saya tes pake sendok dulu. Kalo dideketin sendok terus dia ngejar, berarti dia laper. Wkwkwkwk
Biasanya laper kalo bangun tidur. Jadi saya seringnya nyuapin waktu bangun tidur pagi, tidur siang dan tidur sore juga kalo maemnya belum habis. Yang penting anaknya mau makan deh.

Belum punya porsi yang pasti
Saya baca panduan MPASI WHO dan beberapa panduan MPASI lain, porsi untuk bayi 6 bulan itu 2 sendok makan orang dewasa. Dan porsinya bisa ditambah sedikit demi sedikit. Selama ini saya membuat makanan mba Alma untuk porsi satu hari.
Jadi tiap makan bisa beda-beda porsinya. Ada yang kurang dari 2 sendok, ada yang lebih dari 2 sendok. Biasanya kalo sarapan dia maemnya lebih sedikit. Mungkin karena masih kenyang ASI kali ya. Dan belum banyak aktivitas kalo pagi, jadi belum laper banget *kesimpulan yang ngarang -___-

Anaknya gampang bosen
Mba Alma itu gampang bosen. Kalo lagi makan dan dia nggak laper banget, baru sebentar pasti udah bosen. Yang minta turun dari kursi makan lah, yang minta berdiri lah, ngacak-acak makanannya lah, celemeknya dicopot terus dimakan, mainan strap kursi makan, macem-macem deh. Kadang saya juga nyuapin, dia sambil mainan. Tapi kalo mainannya udah mulai bikin nggak fokus makan, saya ambil. Biar dia fokus makan dulu.

Anaknya moody bangeeeeettt
Sebenernya mba Alma bukan anak yang susah makan. Yang susah itu membangun mood yang bagus waktu makan. Asal waktu nyuapinnya tepat, dia makan dengan lahaaap. Telap telep cepet banget habis. Tapi kalo lagi nggak mood, baru berapa suap juga uda nggak mau buka mulut.
Walaupun makan banyak juga, tetep aja habis itu dia minta neneeen -___-


Sekian sharing dari ibu newbie. Butuh saran banget ini dari buibu senior. Share yuuuk buuu...


-nuki-

You Might Also Like

2 comments

  1. Mbak Alman keren! Pinter makannya :D
    Bu Nuki ati2 loh pepaya tinggi serat rawan sembelit...
    Mas Keenan juga maemnya masih entahlah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya len, alma makan pepaya njuk sembelit. Rrrrr... njuk habis itu nggak tak kasih lagi. Maem pir langsung lancaaarjayaa

      Delete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews