#CeritaAlma: Alma 2 Tahun

8:00 AM




Duuh ibu pemalas banget nih, dari postingan terakhir mba Alma 11 bulan langsung lompat 2 tahun. Ahhh ibu sok-sokan nggak kober nulis. Tapi saya kangen nulis update perkembangan mba Alma yang makin hari makin lucu, gemes, ngeselin. Hahaha saya terharu, kenapa kok cepet banget tau-tau udah 2 tahun aja. Eh si bayi mungil sekarang udah jadi toddler. 

Alhamdulillah melewati 2 tahun bersama dengan bahagia. Semoga Allah berikan kesempatan tahun-tahun berikutnya lebih bahagia. 

Update berat badan dulu yah, sekarang 10,5 kg.  Dari usia 10 bulan berat badan naiknya irit bangeeet. Sampe saya konsultasi ke ahli gizi. Lain kali saya posting terpisah khusus bahas masalah makan dan berat badan mba Alma. Kalo tinggi badan sekarang 84 cm.

Di umur segini mba Alma udah bukan bayiiik. Dia udah jadi anak kecil yang punya karep. Yah semacam newbie toddler gitu lah. Dan udah seru banget diajak main karena udah bisa diajak ngobrol. Terus kelakuan dia apa aja di usia segini? Cuuussss

1. Ceriwis
Mba Alma ceriwis di tempat dimana dia merasa nyaman. Semacam mainan sambil ngomong sendiri atau cerita pake bahasanya sendiri tapi saya nggak paham.  *failed
Maaf ya mba Alma, tapi ibu dengerin kok. Ternyata saya udah sampe tahap mba Alma ngomong sesuatu berkali-kali tapi saya nggak mudeng. Dan berakhir mba Alma bete ngambek karena saya nggak ngerti maunya dia apa. Hahaha
Juga ada kosa kata yang diulang-ulang terus sampe beberapa hari dan bapak ibu nggak ngerti artinya sampe tanya ke guru di daycare. *failed

Mba Alma udah bisa menyusun kalimat SPOK. Bahasa Indonesia banget yak dan saya memang membiasakan pake bahasa baku kalo ngomong. Semacam ngomong gini, "Alma udah pernah naik kereta api" atau "bapak pergi ke kampus naik motor".
Dan yaaa harus hati-hati banget sama bahasa verbal ini. Soalnya anak seumuran mba Alma cepet banget nirunya. Mba Alma jugaaaa. Dia cepet banget niru, walopun nggak ngerti artinya.
Kalo di tempat baru, mba Alma mendadak jadi anteng selama observasi. Jadi tipenya itu kalo diajak ke tempat baru, ketemu orang baru jadi malu-malu. Anaknya jaim banget. 
Setelah observasi agak lama dan adaptasi, baru dia buka suara. Dia tetep mau salim ke semua orang baru, hampir semua. Hampir nggak pernah nolak kalo disuruh salim. Cumaa kalo diajak nggak mau.


2. Posesif
Ini kayaknya sifat anak kecil banget yaaa. Barang-barangnya nggak ada yang boleh kesenggol. Hahaha di sekolah pun. Segala tas, tempat makan nggak boleh dipegang temennya. 
Dan juga dia nggak ngebolehin orang di sekitarnya pake barang yang bukan punyanya. Misal, saya pake sandal bapaknya. Sama Alma nggak dibolehin. "ibu jangan ibu. sandal bapak. jangan pake." Begitu juga sebaliknya. Bapaknya nggak boleh pake barang-barang punya saya. Jadi semuanya harus sesuai sama kepemilikannya. Baiklah Mba Alma baiik. hahaha


3. Mandiri
Alhamdulillah udah mulai belajar mandiri. Makan sendiri, lepas dan pake celana sendiri, pake sandal dan sepatu sendiri udah bisa. Tapiii yang sering jadi masalah itu urusan pake baju. Soalnya dia maunya pilih dan pake baju sendiri. Kalo pas lagi nggak buru-buru oke lah ya nggak masalah. Tapi kalo pas lagi mau pergi itu yang bikin rempong. Pengennya pake baju sendiri tapi malah nggak dipake-pake, atau udah dipake dilepas lagi dipake lagi dilepas lagi entah sampe kapan selesainya. Dipakein nggak mau, jangankan dipakein bajunya dipegang aja nggak boleh. Kalo udah begini akhirnya tetep saya paksa pake baju. Nangis ya biarin aja deh. Hahaha
Lebih drama lagi kalo mau kondangan. Karena biasanya mba Alma nggak mau pake baju model-model dress yang bahannya bukan kaos. Dia malah pilih sendiri pake kaos oblong sama legging. Masa ya kondangan pake baju kaya gitu. Padahal kan ibunya uda bikin dress kembaran. *obsesi ibukibuk banget
Sampe pada akhirnya diangkut ke mobil masih pake diaper dan kaos dalem. Bajunya dipakein di mobil dengan segala rayuan maut. LOL


4. Nyanyi
Sebenernya dari mba Alma belajar ngomong dia uda suka nyanyi, tapi masih nggak jelas. Saya ingat lagu yang pertama kali bisa dinyanyiin lengkap itu lagu Bintang Kecil. Dulunya waktu masih belajar dia cuma bisa yang bagian "aku ingin", yang bikin bapak ibunya bingung berhari-hari gara-gara nggak tau maksudnya apa. Elaaah jebul nyanyi to. *failed
Sekarang jangan tanyaaa, lagu anak-anak yang apal udah buanyaaak. Lebih dari 20 an lagu kayaknya. Kok bisa apal dari mana?? Ya kaan di sekolah tiap hari juga nyanyi. Di rumah juga nyanyi sama bapak ibunya + kadang nonton youtube juga. Bahkan ada beberapa lagu yang bapak ibunya nggak tau. Anaknya nyanyi, saya mikirin ini lagu apa. Hahahaha berakhir tanya sama guru di sekolah. 
Selain nyanyi, mba Alma juga udah apal surat Al Fatihah sama An Nas. Ini juga bikin saya kaget, tau-tau udah apal Al Fatihah. Hahaha

5. Suka ngatur
Nahh ini dia sifat toddler nya udah mulai muncul. Kalo lagi mainan sama bapak ibunya udah jelas diatur semuanya. Bapak harus gini, ibu harus gitu. Hobi ngatur-ngatur ini juga sampe pada ngatur baju yang dipake bapak ibunya. Duuuh tuluung yaaak
Semacam gini, "Bapak ganti, pake kaos yang kuning aja", "Ibu pake celana yang itu aja." -____-
Terus kalo nggak diturutin gimana?? Ya diaa ngomong teruus sambil teriak-teriak. Yap selamat datang di dunia toddler.
Pernah saya siang-siang pas lagi gerah-gerahnya disuruh pake baju tidur celana + lengan panjang gara-gara bajunya gambar Mickey Mouse. Duuuhh tuluuung sumuk banget. 

6. Labil dan tantrum
Ini juga fase nya anak 2 tahun. Saya baca di link ini. Mood swing banget, labiiil bangeet. Semacam cewek PMS. Jadi bisa dia lagi nangis kejer teriak-teriak terus tiba-tiba langsung diem dan ngomong sendiri. Seperti tidak terjadi apa-apa sebelumnya. -_____-
Kelabilan yang lain adalah nangis tanpa alasan yang jelas. Ini sering terjadi akhir-akhir ini. Misalnya minta sesuatu, udah diturutin tapi tetep nangis nggak jelas, ini salah itu salah. Hahaha kalo udah begini bapak ibunya cuma bisa ketawa-ketawa aja. Karena lucuuu nangisnya nggak keluar airmata dan nadanya sama. 
Ngadepin anak tantrum itu harus tenang dan tanpa emosi. Ini gampang-gampang susah soalnya saya kadang ikutan kepancing emosi karena pas capek atau pas lagi suasananya nggak enak. Pengalaman saya ngadepin mba Alma kalo lagi tantrum malah tak suruh nangis sekalian aja. "Silahkan nangis, boleh kok kalo mba Alma mau nangis dulu." Malah jadi berhenti nangis dianya. Hahaha atau biasanya ya tetep aja lanjut nangis. Tapi nggak usah ditanggepin macem-macem, diemin aja. Kalo misal minta gendong, ya udah gendong aja tanpa berusaha menenangkan atau nyuruh diem. Karena kalo ditenangkan atau disuruh diem malah nangisnya tambah kejer.
Pastikan kalo anak lagi tantrum jauhkan dari pihak-pihak yang dirasa bisa mengganggu parenting practice nya orangtua. Semisal jauhkan dari simbahnya. Karena apa?? Karena kalo simbah biasanya nggak tega liat cucu nangis kejer dan langsung dikasih apa yang dia mau ataupun dibujuk rayu biar diem. Dan siap-siap prinsip parenting yang diterapkan orangtua langsung ambyaar seketika. Malah anaknya jadi lebih sering tantrum.  


7. Bermain peran
Mba Alma lagi seneng banget main boneka. Teman setianya itu ada boneka jerapah, helo kitty, panda sama beruang. Bonekanya diasuh jadi kayak bayi. Dikasih bedak, minyak telon, cologne, hair lotion, sampe udah pada habis cuma buat dimainin sama boneka. Bonekanya diajak ngobrol, digendong, dibacain buku, dipukpuk, dinyanyiin, semua perlakuan yang pernah saya lakukan ke mba Alma, dia lakuin ke bonekanya. Hahaha
Termasuk kalo saya nasihatin dia. Macam gini, "Japah, kalo maem tidak sambil bobok ya." atau "Witty, kalo pipis di kamar mandi, tidak di kasur." Hahaha ini hiburan banget buat saya. Lucu kalo liat mba Alma lagi main sama bonekanya. Dia udah bisa curhat juga sama boneka, "Japah, tadi alma nangis, nggak boleh nenen lagi." hahahaha
Kadang dia pura-pura jadi guru. Terus ngasih pertanyaan sama bonekanya, "Japah, ini huruf apa?" pertanyaannya dijawab sendiri. 


***

Ternyata lumayan banyak juga perkembangan mba Alma sampe 2 tahun. Yang masih jadi PR kami sekarang itu menyapih sama toilet training. Kalo udah berhasil baru saya posting. Sekarang masih proses dan pake drama. Hahaha

Semoga selalu sehat mba Alma!!

-nuki-

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews