Tentang Menyapih

8:00 AM




Akhirnya saya kembali menulis lagi. Kali ini saya mau sharing soal sapih menyapih. Mba Alma apa kabar?? Udah berhasil disapih? Alhamdulillah sudaaah buibuuuuu *sujud syukuur

Alhamdulillah mba Alma berhasil disapih di usia 2 tahun 1 bulan dan bisa dibilang tanpa drama yang berarti. Hahaha songong banget yaa. Tapi jujur saya kaget juga karena di luar ekspektasi saya. Dari cerita temen-temen yang anaknya baru disapih katanya bakalan ada drama tiap mau tidur malem, dari yang nangis kejer sampe cubit-cubit. Saya udah mbayangin yang begitu kalo Alma disapih. Tapi kenyataannya alhamdulillah enggak *sekali lagi sujud syukuuur
Ibu bangga padamu Nak...

Asliiiik masalah sapih menyapih ini emosional bangeet buuuk.... T_____T
Semacam kaya mau ngelepas anak merantau. Sediiih. Ahhh anaknya sih nggak drama, yang drama malah simboknyaa. Awalnya saya memang tidak mentargetkan berhasil menyapih di umur berapa. Pokoknya jalanin aja deh. Pake metode apa?? WWL?? Entahlah metode ini WWL apa bukan, yang penting nyaman buat saya dan mba Alma. Beberapa langkah-langkah yang saya terapkan waktu menyapih mba Alma seperti ini:


Sounding jauh-jauh hari sebelum disapih

Jadi saya udah mulai sounding kalo mba Alma mau disapih sejak dia umur 21 bulan. Kurang 3 bulan lah ya dari 2 tahun. Saya selalu bilang gini, "Mba Alma, kalo sudah 2 tahun tidak nenen lagi ya, sama tidak pake popok." Sekalian sounding toilet training. Hahaha
Apakah berhasil?? Berhasil banget dalam tahapan verbal. Baru dibilangin beberapa kali juga dia udah bisa niruin dengan mantap. Kalo ditanya, "kalo sudah 2 tahun apa mba Alma?" langsung siap njawab "tidak nenen, tidak pake popok."
Tapi realisasinya??? teteeep laaah minta nenen. Hahahaha habis bilang tidak nenen juga dia tetep minta nenen. 


Kurangi frekuensi menyusui

Sejak 21 bulan saya udah nggak pumping. Jadi ketika Alma di daycare dia akan minum susu UHT. Nenen cuma saat ketemu saya aja. Itu juga lumayan mengurangi produksi ASI secara perlahan. Biar nanti pas nyapih nggak begitu kerasa perubahannya. 
Pas deket-deket 2 tahun juga makin dikurangi lagi frekuensi nenen nya. Saya sih perjanjian sama mba Alma, kalo di luar rumah tidak boleh nenen, boleh nenen pas di rumah. Apakah berhasil?? Yahh so so lah. Kadang berhasil kadang enggak. Saya nggak maksa juga sih. 
Tapiii kenyataannya makin mendekati 2 tahun frekuensi nenen nya malah meningkat. Sekalinya nenen susah banget dilepas. Kalo pas di rumah dikit-dikit minta nenen. 


Sounding ke lingkungan sekitar kalo mau menyapih

Ini sih biar semua satu tujuan. Jadi anaknya nggak ngerasa bingung. Biar nggak sampe kejadian kaya gini, sama ibu bapaknya disuruh berhenti nenen tapi sama simbahnya suruh nenen. Ambyaaar gaaees...
Saya sounding juga ke sekolah. Ini penting bangeeet. Karena Alma itu manut banget kalo dibilangin sama ustadzah di sekolah. Hahahaha bapak ibunya mah lewaaaaaat. 


Kuatkan mental dan fisik

Waaaoowww ini yang utamaa. Sejak awal saya tidak menargetkan harus menyapih di umur berapa. Pengennya sih 2 tahun udah berhasil disapih, kalopun belum ya udahlah sambil jalan aja. Karena saya nya sendiri belum siap lahir batin. Hahahaha ibuuuk cemen. 
Ini beneran, kalo mau nyapih kudu siap-siap kuat lahir batin. Yakin deh kalo ibunya masih belum ikhlas mah nggak bakalan berhasil. Kerjasama dengan suami juga penting banget. Jangan maksa nyapih kalo kita nya lagi ribet, banyak pikiran, banyak kerjaan, capek ini itu. Karena itu akan mempersulit diri sendiri. Waktu mba Alma habis ulang tahun ke-2, suami pergi dinas ke luar kota 2 minggu. Ya sudaah saya memutuskan untuk nggak menyapih di saat-saat itu. Karenaaa yaa saya nggak sanggup menanggung resiko sendirian. Dibilang cemen juga biarin, yang penting sehat jiwa raga deh. 

Yang namanya menyapih pasti nanti akan ada resiko, seperti yang saya sebutkan di awal tadi. Bisa aja anak jadi rewel, nggak bisa-bisa tidur, tantrum dan efek-efek lain yang mungkin akan menguras emosi dan fisik. Kalo orangtua belum siap sama resiko itu, ya udahlah jangan maksa nyapih dulu. Persiapkan diri dulu untuk menghadapinya. 
Siap mental juga jadi yang utama. Harus tegaaa. HARUUUS TEGAAA. Yaqqqiiiin harus tega. Ini saya juga mengalami masa-masa melow bimbang waktu mau nyapih. Rasanya semacam masih sayang tapi harus putus. Eaaaakkk....

Setelah 2 tahun, setiap mau nenen Alma saya ingetin. "Tidak boleh nenen ya, kan sudah 2 tahun." Hasilnya?? Nangis kejer. Terus saya kasih deh. 
Nah, 2 hari menjelang berhasil disapih dia minta nenen pas mau tidur. Seperti biasa saya nolak, tapi waktu itu Alma nggak nangis kejer. Dia cuma berusaha membuka BH saya sambil mukanya memelas gitu. Nggak nangis dan nggak marah-marah. Nggak dikasih dia cuma membelakangi saya, menatap guling. Mukanya sedih. Sayanyaaaa yang nggak kuat T__T
Saya nggak tega. Sungguh ku lemaaah. Saya kasih nenen sambil berlinang air mata. Ahhh sedih banget rasanya T___T
Seharian saya mikir, saya berusaha menguatkan hati, memantapkan jiwa mau nyapih. Berdamai dengan diri sendiri. Berusaha mengenang waktu dulu awal-awal menyusui. Mengenang masa-masa romantis menyusui sambil bertatap mata. Ahhh sungguh sentimental buuuk. Tapi pada akhirnya saya harus merelakan semuanya untuk kebaikan mba Alma. Kuatt buuk kuaat.

Malam berikutnya kejadian yang sama terulang. Tapi kali ini nggak saya kasih nenen. Nggak nangis, nggak marah-marah. Cuma diem aja sambil gulang guling. Akhirnya lama-lama dia ketiduran. Dan saya nangis-nangis lagiiiii. Sediiiih buuk T____T
Dan sejak malam itu mba Alma udah nggak nenen lagi sampe sekarang. Beberapa kali saya ngetes, tak tawarin nenen, dia menolak. Katanya, "sudah 2 tahun, tidak nenen." Oh Nak, bangga sekali padamu. Konsisten banget dia. Kalo mau tidur malam ritualnya baca buku, baca doa dan minum susu UHT lalu merem. Alhamdulillah setelah disapih maemnya jadi lebih lahap. Seumur-umur saya nyuapin mba Alma, baru setelah disapih dia bisa habisin 1 porsi bubur gurih. Seneng banget saya. 


Pasca menyapih payudara bengkak nggak??

Sehari setelah menyapih payudara rasanya keras dan sakit. Saya mencoba mengkompres dengan lap yang dicelup air hangat sambil melakukan massage. Karena masih keras dan sakit, akhirnya saya pumping deh. Saya pumping sedikit sampe merasa nyaman. Pumping sambil nangis-nangis lagi T___T  habis pumping ASI nya dibuang terus nangis lagiiii T___T 
Nangis aja terus buuuk. Hahaha

Saya sempat browsing di internet, kubis beku bisa buat kompres payudara dan mengurangi produksi ASI. Saya coba deh. Naruh kobis di freezer sekitar setengah jam, jangan sampe beku banget. Tangkupan daun kubis beku dipasang di payudara terus dipakein BH deh. Rasanya enak adem dan beneran bisa mengurangi kenceng-kenceng di payudara. 

**

Sekian ibuuk ibuuk curhatan dari saya. Semoga berfaedah yaaak. 

-nuki-






You Might Also Like

2 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews