Alma dan Alergi

8:00 AM

source here


Sebenernya udah lama pengen nulis tentang alerginya Alma. Tapi baru sempet, hahaha *kebanyakan alesan

Postingan ini akan panjang, kalo kepanjangan dibagi jadi 2 post aja deh.

Terlahir dari bapak ibu yang punya alergi, Alma juga kena alergi. Jadi kalo bapak ibunya alergi, peluangnya 60 - 80 % anak juga akan alergi. Saya sendiri alergi susu sapi, sejak bayi udah ketahuan. Makanan apapun yang ada kandungan susunya saya pasti gatel-gatel, bersin-bersin, perut sebah dan kalo parah sampe sesak napas. Tapi sesak napas itu cuma waktu masih bayi aja sih. Jadi sampe sekarang saya sampe bisa tahu makanan ada susunya apa enggak cuma dari baunya aja. Hahaha saking lah udah apal banget. Tapi alhamdulillah seiring usia bertambah udah semakin membaik. Saya sekarang udah bisa minum susu UHT, keju, yoghurt. 
Kalo bapaknya alergi debu, udang sama kecoa. Gejalanya bersin-bersin, sesak nafas kaya orang kecekik. 

Kami juga baru tahu kalo Alma alergi itu waktu umur 13 bulan. Itu karena dia sering batuk pilek. Minimal 1 bulan sekali pasti batuk pilek deh. Saran dokter disuruh tes alergi. Dan akhirnya ketahuan kalo mba Alma alergi susu sapi. Cuma waktu itu posisinya mba Alma belum pernah minum susu selain ASI. Jadi kami sendiri masih observasi.


Semakin gede kami ngamatin dia jadi tambah sensitif. Yang tadinya pake AC nggak papa, sekarang kalo kelamaan pake AC langsung batuk-batuk. Hasil observasi kami sampai Alma umur 2 tahun 4 bulan:

1. Perubahan cuaca
Perubahan cuaca ini bisa dari kemarau ke hujan, hujan ke kemarau, panas ke dingin, pokoknya kalo cuacanya berubah. Gejalanya: batuk pilek, kulit beruntusan
Batuk pilek alergi beda gejalanya sama batuk pilek flu. Bedanya di kemunculan demam. Kalo batuk pilek alergi itu tanpa demam ataupun anget. Dulu waktu saya ajak ke Palangkaraya, sampe sana mba Alma langsung batuk pilek 3 hari. Karena suhunya lebih panas dari Jogja. Pernah juga malem-malem nemenin bapaknya ke Gua Bribin, cuma nungguin di luarnya doang sih. Anginnya kenceng banget. Mba Alma langsung gatel-gatel, kulitnya beruntusan dan batuk-batuk. Pas pulang ke rumah sembuh. Kepanasan juga bisa bikin dia beruntusan. Kringet buntet basa jawanya. Hahaha


2. Debu dan asap
Debu dan asap juga ngaruh banget buat mba Alma. Gejalanya: batuk
Kalo debu biasanya nggak pake pilek. Cuma batuk-batuk aja. Ini juga biasanya kalo yang debunya kebangetan, kayak misal di gudang atau di lapangan tanah pas musim kemarau kena angin. Kalo kata dokter, nggak usah banget-banget dijauhin dari debu. Kalo ada debu disuruh pake masker aja. Kami juga biasa aja sih, nggak yang jadi selalu bersih-bersih di rumah. Hahaha bapak ibu males. 


3. Udara kering
Karena ini kami jadi punya humidifier di rumah. Yang sekarang udah rusak T___T padahal belum sempat ngereview
Gejalanya: batuk pilek
Udara kering ini biasanya related sama suhu yang dingin. Tapi nggak selalu udara dingin itu kering. Kebetulan kami punya alat pengukur kelembapan udara di rumah. Mba Alma mulai terganggu kalo kelembapan udaranya kurang dari 65 %. Musim kemarau kaya sekarang ini hampir tiap pagi dia ingusan dan batuk-batuk. 
Ini juga dilematis, soalnya mba Alma nggak tahan sumuk. Tapi kalo pake AC kelamaan dia juga nggak tahan udara kering.


4. Makanan mengandung susu
Ini pun baru ketahuan sekitar 2 bulan yang lalu. Selepas ASI mba Alma minum susu UHT. Susu UHT pun merk dan rasanya harus selektif. Yang biasanya diminum itu Ultra Mimi Stroberi sama Indomilk Kids Stroberi. Karena susu itu ada pewarna sama gulanya, sebagai ibu-ibu milenial saya sok-sokan pengen ganti yang UHT Plain tanpa rasa tanpa pewarna. Hahaha akhirnya saya cobain Ultra Mimi Plain. Alma suka susunya, katanya lebih enak dari yang warna pink. Tapiii beberapa menit habis minum susu dia langsung batuk-batuk tanpa henti. Sungguh membingungkan padahal sama-sama UHT kaan.
Kasus lain lagi biskuit yang mengandung susu. Sebut merk aja deh Marie Regal. Alma emang sering makan marie Regal di sekolah, tapi cuma dikit paling 1-2 keping sehari. Nah, suatu saat tiba-tiba dia jadi doyan banget marie Regal. Saya seneng lah karena seumur-umur baru kali ini mba Alma doyan makan biskuit. Saya beliin 1 kemasan gede. Selama 3 hari berturut-turut dia makan itu terus dan batuk-batuk sama matanya gatel. Tapi batuknya muncul ilang. Puncaknya dia sekali makan marie Regal habis setengah bungkus. Habis itu langsung batuk-batuk, muka gatel-gatel, matanya juga gatel. Baru deh saya ngeh kalo kebanyakan marie Regal. 
Akhirnya sekarang kalo mau makan biskuit atau apapun itu harus lewat saya dulu. Hahaha kalo dimakan sama ibu bikin tenggorokan nggak enak berarti jangan dikasih ke Alma.


5. Telur
Ini juga ketahuannya hampir satu waktu sama si Marie Regal. Dulu Alma nggak begitu suka makan telur. Emang jarang makan telur jadinya kita nggak tau itu alergi apa nggak. Ketahuannya waktu tiba-tiba Alma suka banget makan telur. Sehari makan 3 kali pake telur terus. Telor rebus pula, tiap makan habis 1 butir. Kadang masih minta lagi. Tiga hari berurutan makan telur terus. Dan berakhir batuk-batuk tanpa henti. Akhirnya saya bawa ke dokter dan emang bener karena alergi. 
Akhir-akhir ini mba Alma emang suka makan telur, tapi saya batasi maksimal 1 butir sehari. Dan cara menyiasatinya telurnya didadar atau diceplok. Entah kenapa kalo makan telur dadar dan telur ceplok itu efeknya beda sama makan telur rebus. Semacam resiko gejala alerginya jadi berkurang. 

----

Fyuhhh udah cukup panjang ya buibuukk...

Terus penanganan alerginya gimana??? 

1. Sebisa mungkin hindarkan dari penyebab alergi. Kalo yang penyebabnya nggak bisa dihindari semacam udara kering atau cuaca berubah, ya hadapi saja. Hahaha nggak ngasih solusi. Tapi gejalanya dapat diminimalisir dengan menyalakan humidifier di dalam ruangan atau menyalakan AC dengan hummidifying mode. Kalo cuaca dingin, pake baju hangat dan balsem di dada dan punggung.

2. Kalo sudah terlanjur terpapar alergen, biarkan saja sampe sembuh sendiri. Biasanya gejala memang akan hilang sendiri dalam waktu sekitar setengah jam hingga satu jam. Ini berlaku untuk alergen yang berbentuk makanan.

3. Kalo ternyata gejalanya tidak berangsur hilang atau tidak membaik setelah 1 jam, diberikan obat alergi. Mba Alma sudah diresepkan dokter obat alergi Cetirizin. Jadi kalo sudah batuk-batuk dan tidak mereda, saya berikan obat itu. Biasanya setelah itu mereda.

4. Jaga asupan gizi dan tingkatkan daya tahan tubuh. Kalo cuaca udah mulai nggak enak dan teman-teman di sekolah ada yang sakit, saya kasih Alma suplemen imun dan madu. 

-----

Saya akan share lagi di postingan lain kelanjutan dari alerginya Alma yang berdampak serius. 
Sekian buibuuu. Semoga bermanfaat yaaa...

-nuki-



You Might Also Like

1 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews