Working Mom Tetap Bakoh di Bulan Ramadhan

5:54 AM


source: here

Judule "BAKOH" gitu looohh... Bakoh itu kalo dalam bahasa Indonesia artinya kuat. Jadiii working mom juga harus tetap sehat kuat dong selama puasa. Jam kerja kantor selama puasa cuma berkurang 1 jam yaaaa....
Apalagi di pertengahan Ramadhan ini di kampus akan ada visitasi akreditasi prodi. Wuuuuhhh...kerjaannya ngeri-ngeri sedap maaak. Semoga bisa menjadi ladang amal di bulan puasa. 

Terusss gimana caranya biar tetep bakoh walaupun harus bekerja keras bagai quda dan urusan rumah tetap aman terkendali??


1. Makan sehat bergizi waktu sahur dan buka puasa. Asupan makanan ini penting banget ya maaak untuk menjaga di siang hari tetep bakoh cantik berenergi. Soalnya siang hari saya bener-bener diperes otak dan tenaga. Kalo saya emang makan lebih banyak di waktu sahur. Biar kuat mengadapi kesunyatan di siang harinya. Hahaha
Saya bangun sahur jam 3 pagi, jadi punya banyak waktu untuk makan. Dari bangun sahur udah minum air putih. Dilanjutin beraktivitas nyiapin sahur sambil nyemil buah-buahan, sayur or cemilan yang lain. Baru makan berat itu pas udah jam 4 kurang. Habis makan berat terus minum susu or minuman manis. Pas udah mau imsyak baru deh gelontor air putih lagi.
Waktu buka puasa malah saya lebih selow. Begitu adzan langsung minum air putih, lanjut makan snack dan buah, lanjut solat. Nah habis solat baru deh makan berat. Apakah habis taraweh makan lagi?? Kalo saya sih nggak makan berat lagi. Langsung tidur aja, capek maaak


2. Istirahat yang cukup. Di bulan puasa ini saya maksimal tidur 6-7 jam. Karena habis subuh nggak tidur lagi. Selama proses menuju visitasi akreditasi, saya lembur terus di kampus. Jadi waktu bermain sama Alma jadi berkurang. Imbasnya Alma tidurnya jadi lebih malem dari biasanya, karena masih pengin mainan sama saya. Padahal mata simboknya udah 2,5 watt. Yang biasanya jam 9 udah tidur, ini jam 10 an baru tidur. Otomatis ini akan mengganggu jadwal tidur saya juga. Masih bangun sahur jam 3 juga. Jadi total tidur hanya sekitar 5-6 jam. Setelah subuh saya nggak tidur, karena masih harus ngerjain dokumen visitasi. Dan emang saya nggak bisa tidur habis subuh, malah bikin pusing dan seharian jadi lemes. Untuk nambahi istirahat malam yang kurang, siang harinya disempetin waktu pas lagi ngantuk-ngantuknya tidur sebentar. Yahhh walaupun cuma 15 - 30 menit itu udah lumayan ngurangin sepet mata yang maboook dokumen maaaak.  


3. Masak yang simpel bagi yang masak atau beli makanan jadi aja. Ini pilihan sih, mau beli atau masak. Kalo saya kadang masak kadang beli. Tergantung kondisi. Saya prepare masak itu sejak sahur untuk buka. Jadi sahur bangun jam 3. Dari jam 3 itu, masak buat mba Alma dan racik-racik buat masak pas buka puasa. Jadi waktu imsyak itu semua udah beres. Tapi itu seringnya berlaku kalo weekdays. Kalo weekend ya santaiii laaah, leyeh-leyeh duluu
Kenapa kok siap-siap gasik banget?? Karena saya pulangnya sore selama lembur, jam 4 atau setengah 5 baru sampe rumah. Jadi sampe rumah tinggal eksekusi cemplung-cemplung. Atau biasanya sampe rumah itu udah mateng masakannya, suami yang masak.
Saya baru beli makanan jadi kalo udah bener-bener nggak sanggup masak. Di kampus sekalian Go Food sama temen-temen buat dibawa pulang.


4. Urusan rumah yang lain, ex: nyapu, nyuci, ngepel................... nggak pernah saya pikirin. Hahaha
Urusan nyuci udah jelas saya delegasikan ke laundry. Palingan cuma nyuci baju Alma yang kena ompol sama daleman. Bisa gantian saya atau suami yang nyuci. Tergantung siapa yang sempet.
Urusan nyapu ngepel dan beberes...................... sesempatnya aja. Apalagi punya anak toddler, walaupun udah bisa beresin mainan sendiri tapi ya tahu sendiri lah kaya apa ulahnya anak 3 tahun. Kalo berantakan dan badan udah nggak kuat ya udah ditinggal tidur aja. Sampai pada suatu saat udah sepet liatnya, baru deh diberesin. Sungguh tak bisa dijadikan panutan. Hahaha biariiin
Karena sesungguhnya poin ini bukan prioritas di keluarga kami. Saya dan suami sama-sama selow untuk urusan ini.


Begitu maaak sharing dari saya. Buibuuu nggak usah maksain jadi Superwoman kalo memang ada yang kita nggak sanggup. Capekkk mak kalo harus jadi Superwoman yang apa-apa bisa. Saya sih ibu-ibu biasa yang butuh pijet dan jajhaaan. Yang penting bahagia jadi diri sendiri.

Semoga bermanfaat


-nuki-


You Might Also Like

1 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews