Memilih Baju Anak

7:11 AM


source here

Musim mau lebaran gini pastinya buibu sibuuuuk belanja baju buat anaknya. Ibarat emaknya nggak beli baju pun asalkan anaknya pake baju baru. Padahal mungkin anaknya biasa-biasa aja, yang rempong emaknya. Hahahaha

Pilih baju anak emang lebih rempong dibanding pilih baju emaknya. Emaknya sih asal modelnya lucuuuk langsung angkut. Hahahaha
Kalo masih bayi gampaaaang, anak bayi mana bisa protes kan. Manut aja dia dipakein baju apa juga. Mulai rempong nih kalo anaknya udah toddler seumuran Alma yang udah bisa protes dan bisa milih. 
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan waktu pilih-pilih baju anak:


1. Utamakan kenyamanan, pilih bahan yang nyaman untuk anak
Ini poin nomer satu buat saya kalo pilih baju Alma. Karena anaknya risihan, gampang sumuk yang berujung gatel-gatel biang keringat. Pilih bahan yang halus lembut nyaman dipake anak. Saya nggak begitu ngerti soal bahan, entahlah itu bahan apaan taunya cuman kaos ama katun. Hahahaha yang penting adem alus enak dipake. Sebagian besar bajunya Alma berbahan kaos. Kaos murmer 100rb dapet 3 atau 4. 

Kenyamanan ini penting bangeeet buk. Model lucuuuuk, harga mahaaal, tapi kalo anak nggak nyaman ya percuma, dianya nggak mau pake. Pengen emaknya sih punya baju kembaran sama anak, yang modelnya lucuuuk, terus poto-poto. Tapiiii kenyataan pake baju kembaran kondangan hanya bisa bertahan maksimal 1 jam, cuma buat foto bersama doang. Hahaha
Itupun pakenya harus pake iming-iming dulu. Tau sendiri lah ya seragam kondangan itu ada brukatnya dan kain nya kadang sumuk. Alma nggak mau pake, dia risih sama brukat. 
Walhasil yang namanya dress seragam kondangan itu paling cuma dipake 1 kali. Untuk masalah kenyamanan ini saya bener-bener concern karena si Alma rempong banget. Saya pake baju yang kainnya agak kasar aja disuruh ganti. Jadi ceritanya saya lagi ngelonin dia mau tidur, otomatis kan kulitnya bersentuhan langsung sama baju saya.
"ihh ibu, bajunya kasar. ganti sana."
hhhhh...rasanya pengen njitak banget.


2. Ukuran yang sesuai
Ibu-ibu biasanya pilih baju anak dilebihin ukurannya. Tujuannya biar awet, biar irit maaaak. Kalo beli baju ukurannya ngepas kan rugi. Cuma kepake sebentar. Namanya anak-anak pertumbuhannya cepet banget. Kalo beli yang ngepas paling cuma kepake 3-6 bulan doang.
Untuk baju atasan, mba Alma masih aman. Cukup beli 1 ukuran di atasnya. Yang agak rempong itu kalo beli gamis atau dress panjang dan celana panjang. Karena dia tumbuhnya memanjang. Kalo beli di ukuran seusianya, cungklang. Beli 1 ukuran di atasnya, ngepas banget. Baru cocok kalo beli 2 ukuran di atasnya. Panjangnya cocok, eh tapiiii perutnya longgar kebangetan. Hahaha semacam nyisa separo dari lingkar pinggang. Di sini lah emaknya kudu kreatif permak celana biar bisa dipake.


3. Tanyakan pendapat anak
Ini bisa diterapkan pada anak yang udah bisa ngomong, setidaknya udah bisa punya pilihan mau atau nggak mau. Mungkin kalo udah di atas 2 tahun kali ya.

Kadang nih menurut orangtuanya bagus, ehh tapi anaknya nggak mau. Anaknya milih sendiri tapi baju yang dipilih nggak banget -_____- buibu pastinya pernah ngalamin hal kaya gini.
Saya biasanya mempersempit pilihan. Waktu milih baju diambilkan 2 pilihan, suruh pilih salah 1. Jadi lebih mengerucut pilihannya. Tapi tidak menutup kemungkinan dia nggak pilih dua-duanya atau pilih semua. Hahaha ini saya juga pernah ngalamin.
Urusan pendapat anak nggak bisa dianggap remeh. Karena sekalinya anak nggak mau dan nggak suka, itu baju nggak bakalan dipake. Rugiiii lagi kan maaak.


4. Model yang sesuai 
Urusan model ini sifatnya subjektif. Tergantung selera anak dan orangtuanya. Dulu waktu mba Alma bayi, saya punya banyak referensi baju lucu ngambil dari pinterest. Modelnya yang semacam dress terus dipakein bando senada. Kayaknya lucu banget kalo Alma pake baju kaya gitu. Tapi kenyataannya mba Alma nggak suka pake baju yang kaya gitu. Ya udah akhirnya preferensi model baju Alma yang simple dan nyaman aja.
Usahakan juga jangan terlalu banyak hiasan di baju anak. Misalnya: manik-manik, renda, pita-pita plastik, dll. Untuk anak yang usianya di bawah 2 tahun akan jadi bahaya karena bisa aja itu dimakan. Kalo anaknya iseng dan kreatif, hiasane diprithili. Saya juga pernah mbeliin sepatu sandal ada hiasan pita dan bunga. Hasil: belum ada ada 3 hari hiasane wis ambyar


5. Pilih yang harganya sesuai kantong
Hlaaa ini yang terakhir tapi menentukan jadi beli atau nggak. Hahahaha lagi pilih baju nemu yang bahan nyaman, ukuran cocok, anak suka, modelnya oke, ehhhhh tapi harga nggak oke. Yaaa liwaaat lah
Sesuaikan dengan kemampuan kantong ya mak. Nggak usah kebanyakan gaya lah kalo duitnya nggak ada. Kalo mampu beli yang branded ya silahkan beli yang terbaik. Tapi kalo duitnya pas-pasan ya nggak usah maksain beli branded lah. Banyak pos keuangan lain yang lebih penting dari baju anak. Nggak usah maksain penampilan anak jadi instagrammable cuma buat dishare di IG doang.
Kalo saya mah selama ada yang murmer dan diskon, itu yang dipilih. Hahaha
Prinsipnya anak nyaman dan senang. Udah gitu aja.

***

Udah panjang juga ternyata maak. Semoga bermanfaat ya..

-nuki-




You Might Also Like

1 comments

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews