#CeritaAlma: Alma 6 Bulan

7:30 AM



Tepat tanggal 28 Oktober kemarin mba Alma genap berusia 6 bulan. Terus kok ibunya baru posting sekaraaang?? Maklum ya, ibu lagi sok sibuk Nak. 

Yeyeeee...udah setengah tahun nih. Nggak kerasa udah setengah tahun aja. Kayaknya baru kemarin gendong bayi kecil mungil yang cuma bisa bobok, nenen, pipis sama pup. Hahaaha

Terakhir kali nimbang di posyandu awal November beratnya 7,6 kg, panjang 65,5 cm. Alhamdulillah masih naik setengah kilo dari bulan lalu.

Terus di 6 bulan ini mba Alma udah ngapain ajaa???


1. Merayap

Mba Alma mulai merayap dari umur 5 bulan 1 minggu kalo nggak salah inget. Tapiiiii habis itu dia males -____-  
Terus mulai mau merayap lagi pas 5 bulan 3 minggu. Tapi teteep ya kalo dia lagi nggak mau merayap, mau dipancing pake mainan atau barang yang dia suka juga tetep nggak mau. Yang paling rekor adalah merayap ngejar remote AC, terus dimakan. LOL.

2. Berdiri tegak dengan dipegangi

Sampe sekarang mba Alma belum bisa duduk tanpa bantuan. Kalo mau duduk harus pegangan dulu. Nah, sekarang kalo pegangan bukannya duduk tapi malah pengennya langsung berdiri -____-
Jadilah kalo pegangan tangan saya kakinya langsung njejak mau berdiri. Kalo udah berdiri dia senyum bahagiaaaa terus peluk saya. Aaaahhhh so sweeet *terharuu

3. Ngoceh pake huruf konsonan

Mba Alma uda mulai bisa ngoceh "bababa", "bebebe", "bbbuuubbbrrrruuu", "paapppaapp". Tapi dia ngomongnya masih pelan. Kalo ngomong "bu" pake nyembur jadi "bruuuuu". Kalo saya ajarin ngomong dia merhatiin, terus kadang ngikutin gerak bibir saya. Tapi belum keluar suaranya. Semangaaat belajar ngomong mba Almaa :)

4. Mandi pake air nggak anget

Jadi dari dulu saya bercita-cita kalo mba Alma nggak mau dibiasain mandi pake air anget terus. Bapak ibunya males pengen dia kuat di segala musim. *hubungannya apa ya?
Secara bertahap air angetnya mba Alma saya kurangi. Sekarang dia udah bisa mandi pake air yang nggak anget, tapi bukan air langsung dari kran loh ya. Masih tetep dicampur pake air anget cuma biar air dinginnya itu nggak ceees.

5. Manja sama ibu, main sama bapak

Sejak dia kenal siapa ibu, mba Alma jadi manja sama saya. Manja pengen dipeluk, dipangku, lendotan, gitu-gitu deh. Lagi asik mainan sendiri pun kalo saya deketin langsung rengek-rengek. Kalo pengen ngambil sesuatu sendiri tapi nggak bisa-bisa, dia minta tolong ke saya dengan pegang-pegang tangan saya. 

Nah kalo sama bapak dia sukanya bermain, bercanda. Kalo udah bercanda sama bapaknya, mba Alma bisa ketawa ngekek kepingkel-pingkel dan keras, kedengeran sampe luar. Kalo sama ibu nggak pernaaah ketawa sampe kaya gitu T____T  *failed
Kalo ada bapak, ibu nggak lakuuu T____T
Baru deh ya kalo udah capek main, laper dan ngantuk ibu dicariin 

6. Mengekspresikan perasaan ke orang lain

Mba Alma sangat ekspresif kalo sama orangtuanya. Tapi kalo sama orang lain nggak ekspresif. Sekalinya bosen waktu main sama ibu atau bapaknya, dia bisa langsung protes. Protesnya pake ngereng-ngereng atau kakinya gejol-gejol. Dan kalo sama orang lain enggaaak. Mba Alma nggak protes, tapi dia diem aja. Bener-bener diem yang cuma liat kanan kiri dan nggak respon diajakin bercanda. Orang yang nggak tau bakalan bilang gini, "ihh...anteng banget dek, manut yaa". Padahal anaknya bosen dan bete biaangeet.

Karena mba Alma kaya gitu, saya jadi khawatir kalo nanti dia jadi anak yang tertekan karena nggak bisa mengekspresikan perasaannya sama orang lain. Pelan-pelan saya mulai bilangin dia, "Kalo mba Alma nggak nyaman atau nggak suka, mba Alma boleh protes, boleh nangis, boleh teriak, tapi sebentar aja."
Dan sekarang dia mulai bisa mengekspresikan perasaannya sama orang lain. Sama simbahnya lah ya minimal. Kalo nggak mau duduk kakinya akan gejol-gejol. Kalo bosen dia pasti ngereng-ngereng. Dulu nggak kaya gitu, kalo sama simbahnya nggak berani protes. Cuma diem aja walaupun nggak nyaman. 


7. Nggak mau ditinggal

Mungkin ini kali ya yang dinamakan separation anxiety. Mba Alma udah tau kalo saya ganti baju dan pake kerudung itu berarti mau pergi. Dan kalo udah gitu, dia sudah pasti ribet nggak mau ditaroh di kasur. Pertama senyum-senyum liat saya ganti baju, lama-lama rengek minta gendong. Kalo udah digendong, nggak bakalan mau turun. Dipakein sepatu pun nggak mau sambil duduk, tangannya pegangan kenceng sama saya. Takut kalo ditinggal. 

Pernah waktu itu saya sama bapaknya ngerjain mba Alma. Kami udah rapi mau pergi, terus nyalain mobil. Mba Alma digendong simbahnya. Saya dan bapaknya dadah-dadah dari dalem mobil. Mukanya mba Alma udah mau nangis, gelisah, liat kanan kiri, kakinya gejol-gejol. Dikira mau ditinggal. Hehe... terus saya ambil dia, bawa masuk mobil.
Daaan sepanjang perjalanan dia bete, marah. Diem aja, diajak bercanda melengos. Duuuuhhh anak bayiii bisa ngambek. Hahahahaha


8. Bisa nolak kalo lagi nggak mau dicium atau dipegang atau apalaaah -___-

Ini sebenernya udah dari usia 5 bulan sih. Tapi saya lupa mau nulis. Hehe...
Jadi kalo mba Alma lagi konsen mainan atau lagi fokus ngerjain sesuatu, dia nggak mau diganggu. Salah satunya nggak mau tuh dicium-cium. Waktu mau dicium dia menghindar, mukanya menjauh. Hahaha...lucu bangeet. Ibu bapaknya seneng banget ngerjain. 


9. Bangunin ibu bapaknya

Mba Alma biasanya bangun pagi antara jam setengah 5 sampe jam 6, di kisaran waktu itu lah. Kalo dia bangun duluan dan bapak ibunya belum bangun, dulu dia cuma diem aja gulang guling terus tidur lagi. Tapi sekarang dia bakalan bangunin bapak ibunya. Entah itu ditepuk-tepuk tangannya atau dikruwek-kruwek mukanya atau ditarik-tarik bajunya atau didesak-desak sama dia. Hahahaha
Yang sering sih bapaknya. Saya jarang tetep tidur kalo mba Alma melek. Feeling emak-emak laah. Anak gelisah juga pasti langsung bangun.




Aaahh... mba Alma udah bukan bayi banget lagi. Udah bisa ngambek, udah bisa protes, udah bisa ketawa ngakak. Semoga selalu sehat sayaang. Ibu bapak love youuu

-nuki-

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews