#CeritaAlma: Drama Makan dan Tumbuh Gigi

8:00 AM




Jadi ya, minggu kemaren saya posting mba Alma MPASI pertama. Alhamdulillah lancar......
Daaaaaannn selang 2 hari tibaaaa tibaaaa

NGGAK MAU MAKAN  T____T 

Setelah saya posting sampe mba Alma makan puree apel, hari selanjutnya dia makan puree kabocha. Dua hari maem kabocha, maemnya lahap sampe kurang. Hari ketiga kabocha porsinya saya tambah. Eh tapi anaknya nggak mau makan, nggak mau buka mulut T___T  *nangis di pojokan
Dari pagi sampe sore nggak mau buka mulut. Giliran minum, dia langsung glek glek. Ya udah sih, saya nggak mau maksa. Mungkin dia lagi males makan. 

Sebagai ibu-ibu yang menjunjung tinggi idealisme perbayian *halaaaah
Saya nggak mau maksa-maksa dia makan. Akhirnya saya nyobain BLW (baby led weaning) buat mba Alma. Karena dia tipe anaknya free style banget lah, suka suka dia pokoknya. 

Oke, BLW hari pertama menunya mangga arum manis. Saya coba suapin dulu mangganya. Oke, dia mau makan. Langsung pindah ke kursi makan. Mba Alma coba ambil mangganya, eh meleset, liciin. Dia coba ngambil nggak bisa-bisa. Saya ambilin nggak mau, malah jadi nggak mau megang -__-
Yeep, akhirnya berhasil masuk mulut. Kunyah sekali dua kali, udah. Habis itu mangganya diremet-remet, diratain di mejanya, yaaah gitu lah. Persis kaya video BLW yang di youtube
*emaknya elap keringet harus bersih-bersih selese BLW

Siangnya dia nggak mau makan. Mangganya nggak disentuh T___T

Sore BLW lagi, pake mangga. Pelajaran dari yang pagi, mangganya saya sisain kulitnya dikit. Biar lebih gampang diambil, nggak licin banget. Sama kaya yang pagi, yang dimakan cuma seuprit. Sisanya diacak-acak. Oke, memang begitulah BLW. Apalagi ini hari pertama. Sabaaar maak sabaaar...

Hari kedua mau BLW lagi, kali ini menunya kentang dan alpukat. Naah, waktu saya lagi nyiapin makan di meja makan. Mba Alma liat bapaknya sarapan, dia pengen. Langsung saya kupasin alpukat 1 potong kecil. Saya suapin, mauuuu. Habis sekitar 1/4 buah alpukat dengan dia maem sendiri dan saya suapin pake tangan.  

Siangnya, BLW kentang dan alpukat. Sama sekali nggak disentuuuh T____T
Saya suapin kentang kukus pake tangan, langsung dilepeh. Sampe sore nggak mau makan. 
Kenapa bayi begitu labiiiil? T___T

Saya penasaran kan, saya cek mulutnya. Katanya sih kalo mau tumbuh gigi suka nggak doyan makan. Daaan betuul, gusi bawahnya bengkak. Ada dua point gitu kaya mau tumbuh gigi. Pantesaaan mba Alma gigit-gigit terus. Apa aja digigit deh. Tidurnya juga nggak nyenyak. Oke, ibu maklum karena mau tumbuh gigi jadinya nggak doyan makan. 

Jadi setelah itu, dua hari mba Alma makan alpukat dengan disuapi pake tangan. Iya pake tangan, dia nggak mau pake sendok  -____-  Tapi yaa itu, yang masuk cuma sedikit.
Saya nyeraaah BLW. Makanan yang masuk dikit banget. Tapi berantakan luar biasa, saya harus nyuci kursi makan dan nyuci anaknya juga *elaaah
Maaf yaa mba Alma, ibu nggak sabaraaan


Selanjutnya saya bikinin puree buah naga. Eh kok tapi caiir banget ya, akhirnya saya campur pake biskuit biar agak kentel. Dia udah mau disuapin pake sendok. Tapi yang masuk tetep sedikit -____-

Dan mba Alma nggak mau pake celemek. Pake celemek dicopotin terus dan dimakan -___-
Akhirnya nggak saya pakein celemek. Tauu sendiri lah yaaa makan buah naga belepotan kaya apa. Semuaaa jadi merah ungu lucuuuk gitu, termasuk baju saya. Bodoo amaat nggak peduli yang penting anak mau makan deh. Dibilang jorok gara-gara baju anaknya banyak bernoda juga nggak peduliii. 

Sampe level ini saya udah nggak naruh mba Alma di kursi makan, karena apa?? Karena kalo duduk di kursi makan dia bete dan jadi nggak mau buka mulut. Hancurlah sudah semua idealisme saya yang maunya anak makan harus duduk di kursi makan tanpa ada distraksi hal laiiin. Hancuuur hancuuur dehh...
Jadinya mba Alma makan sambil duduk di karpet atau sambil mainan. Iyaaa iyaaa yang penting anaknya mau makan deeeh T____T
Saya udah mulai stres di titik ini. Kalo nggak doyan makan 1-2 hari sih nggak papa yah. Ini udah hampir seminggu masih nggak doyan makan. Maem cuma sedikit, saya khawatir asupan gizi nya kurang. Itu gigi udah seminggu juga nggak nongol-nongol. Kapaaan dong gigi keluarnyaa??
Mana saya semingguan kemaren itu lagi ada deadline kerjaan sampe tiap hari harus lembur sampe jam 1-2 pagi. Berasa jadi zombieeee... terus paginya nyiapin makanan mba Alma. Tapi nggak dimakaaan T___T


Njuk aku kudu piyeee jaaaal?
Baru ngerasain anak nggak mau makan stress-nya ngalahin ujian tesis mendadak yang dikabarin berubah jadwal 2 jam sebelum ujian *lebaaaaay

Sabaar sabaaarrr

Saya baca artikel, katanya jangan dikasih ASI dulu sebelum jadwal makan. Biar anaknya laper dan mau makan. Saya cobain cara itu. Berhasil?? NGGAK!!
Yang ada mba Alma malah ribut dan sama sekali nggak mau makan karena udah pengen banget nenen,.

Saya cobain buah naga, nggak begitu suka. Pisang, juga nggak suka. Kadang kalo udah mumet saya kasih biskuit Farley, mau diaaaa. Duh, padahal idealisme saya berkata jangan dikasih makan makanan instaaaan. Lhaa tapi gimana anaknya maunya ituuu *failed -___-

Akhirnya saya balik lagi bikinin puree pir. Dan mauuuu. Yah walaupun belum lahap kaya waktu awal-awal MPASI. Tapi setidaknya mau makan nggak pake ribet. Dua hari mba Alma makan pir terus. Eh, terus saya ganti apel. Dia nggak mauuu -___-   Saya kasih biskuit, mauu. Anaknya mulai picky eater
Hari berikutnya saya bikin dua makanan. Yang pertama pir campur ubi manis. Yang kedua cuma pir aja. Yang pir campur ubi dia nggak mau makan, dilepeh. Waktu dikasih pir, mauu makan. Disela-sela makan pir, saya suapin yang campur ubi. Teteep dilepeeeh -___- 


Masa ya setiap hari cuma mau makan pir sama biskuit??? -____-
Itu juga kadang sambil makan dia gigit-gigit jari, berakhir dengan muntah. Yaaaah udah susah-susah nyuapinnya, malah keluar lagi   *jambaaak rambuuut 

Saya sih masih berpikiran kalo ini gara-gara mau tumbuh gigi. Susah makan. Apa-apa digigit. Apalagi kalo mau tidur, sibuk cari-cari apa yang bisa digigit. Sampe gusinya dipukul-pukul sendiri pake tangan. Guling sana sini. Kalo udah capek baru tidur sendiri. Padahal biasanya habis nenen langsung merem. Kadang saya kasihan kalo udah lama gulang guling tapi nggak bisa-bisa tidur. Akhirnya saya peluk sambil duduk baru bisa tidur. Itu juga mba Alma masih sambil gigit-gigit baju saya. 

Gigi mana gigiiii?? Kapaaan nongolnya? Cepeet nongool dong yaa

Ibu coba memahami perasaanmu mba Alma. Nggak papa makan sedikit, yang penting tetep makan ya. Porsi makan bayi kan nggak bisa dipaksa, waktu makan bayi juga nggak bisa dipaksa. Pasti sebel kan ya kalo dipaksa? Orang dewasa juga kadang males makan kok. Dan sebel juga kan kalo dipaksa-paksa makan?

Jadi inget dulu waktu hamil mba Alma trimester pertama. saya nggak suka banget sama nasi. Nggak bisa makan nasi, muntah.Tiap hari makannya roti, oats, siomay, batagor, susu, aaahhh pokoknya bukan nasi deh. Itu juga saya sebel banget karo disuruh-suruh makan. Apalagi makanan yang nggak disuka, hrrggghhh

Buibuuu senioor, daku mintaa saraan dong iniih gimanaaa 
Hiks hiks T____T

-nuki- 




You Might Also Like

1 comments

  1. beliin yg mainan tp yg buat gigit2 bentuknya kaya buah2an nuk. kaya pisang gtu. tp permukaannya berrambut2 jd cocok buat rangsang pertumbuhan gigi hihihi, soalnya kalo tumbuh gigi kan gatel kasian dia mukul2 gusi seht mbak almaa

    ReplyDelete

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews