#CeritaAlma: Alma 10 Bulan

11:33 AM




Aaaakkk...udah 10 bulan aja. Bayi kecilnya udah kaya anak kecil sekarang. Nggak kerasa. Jangan gede dulu dong mba Alma....

Bulan ini berat mba Alma naik 1 ons jadi 8,4 kg. Perasaan maemnya lebih banyak dari bulan kemaren, tapi naiknya 1 ons aja. Hahaha...mungkin bulan ini energi yang dibutuhkan lebih banyak. Iyaaa...mulai bulan ini mba Alma kayak unstopable. Semakin dilarang, semakin nggak boleh, dia semakin ngotoooot. Bayi yang dulu cuma bisa nenen bobok pipis pup sekarang menjelma jadi anak yang suka protes -____-
Memang ternyata lagi fasenya kayak gini sih, saya intip perkembangan emosi bayi di sini. Dan fase emosionalnya mba Alma masuk ke yang 11-12 bulan. Pake ada tantrum-tantrumnya segalaaa. Duuuh ibunya kudu kulakan sabar yang banyak nih. 


Beberapa progress mba Alma di usia 10 bulan

1. Merambat

Yang ini merambat beneran. Dia pegangan sesuatu terus jalan timik-timik. Awalnya baru berani di kasur. Merambat dari pegangan meja terus ke tembok dan teralis jendela. Akhirnya berani juga di lantai. Semangaat mba Alma.


2. Mendorong benda

Sejak usia 7 bulan saya membelikan mba Alma push walker. Tapi ya yang dimainin itu bagian depannya, yang banyak mainannya. Belum didorong-dorong. Cuma buat mainan aja. Dia mulai dorong-dorong waktu 9 bulan, tapi masih berdiri pake dengkul. Nah sekarang mba Alma udah bisa dorong push walker sambil berdiri terus jalan pelan-pelan. Tapi dorongnya dari depan sih bukan dari belakang yang ada handle nya, kadang juga malah dari samping -____-
Selain dorong push walker, mba Alma juga dorong kursi dan stroller. Hehh?? Stroler?? Dorong stroler di bagian bawah maksudnya. Hahaha
Semoga bisa menstimulasi biar cepat jalan ya mba Alma


3. Paham dengan instruksi

Mba Alma udah paham sama instruksi sederhana. Misal, "ibu minta bolanya dong mba Alma". Dia akan ngasih ke saya walopun nanti bakalan diambil lagi. "mba Alma bolanya dimasukkan toples ya", dia masukkin ke toples. Intruksi sederhana loh yaaa, bukan "mba Alma, jemurannya minta tolong diangkat ya" hahahaha

Itu kalo dia lagi manut ya. Tapi kalo lagi sibuk mainan sendiri, mana mau ndengerin saya. Ibunya dicuekin. Diajak ngobrol mlengos. Dikasi instruksi apa lagi, nggak bakalan digubris. Udaah pokoknya asik sendiri. 

Mba Alma juga udah bisa ditanya mau atau nggak mau. Misal, "mba Alma, Jerry (nama boneka) boleh main bareng nggak?" Geleng, berarti nggak. "Mba alma mau makan nggak?" Geleeeng T___T
Kalo mau biasanya dia langsung ambil.


4. Ngotot dan protes 

Ini yang kudu sabaaaar. Sekarang mba Alma udah nggak mempan dilarang atau dialihkan perhatiannya. Apa yang lagi saya pegang, udah pasti mau direbut. Kalo nggak dikasih bakalan dikejar terus. Kalo diumpetin, dia marah-marah, teriak-teriak. Semakin nggak boleh, semakin ngotot. Gara-gara nggak dibolehin ngacak-acak makanan saya karena ada sambelnya, dia nangis kejer. -____-

Dia juga kadang sebel sendiri kalo ngerjain sesuatu nggak bisa-bisa. Mau buka toples nggak bisa-bisa, tiba-tiba teriak sendiri. Nggak bisa ngangkat laptop, kakinya njejak-njejak dan berlanjut nangis kejer. Intinya kalo dia nggak bisa dapet apa yang dipinginin, dia akan marah dan nangis-nangis drama. 
-_____-

Dan sampai detik ini yang paling dahsyat itu nangis kejer sampe berontak gara-gara lagi mandi tapi pengin liat kucing di luar, dugaannya sih kaya gitu. Lha dia belum bisa ngomong kan. 
Di kamar mandi udah nangis nggak mau mandi, akhirnya belum sempat sabunan udah diangkat. Dipakein baju berontak sampe mana-mana. Di kasur nangis sambil gegulingan. Dialihkan perhatiannya, nggak mempan. Digendong, nggak mempan juga. Akhirnya diajak liat ikan mau diem, ehhhhh nggak ada 5 menit nangis lagi. 
-_____-
Dialihkan mainan yang lain juga gitu. Sampe beberapa kali. Waaahh nggak bisa kalo begini terus nih. Masa ibu bapaknya kalah sama mba Alma. Ciiih nggak sudi. Hahaha
Akhirnya saya pangku sambil saya mau nata baju di lemari. Saya cuekin aja dia. Udah nangis ya situ deh. Ehhh akhirnya dia diem sendiri dan ikutan mainan baju yang mau ditata. Dan selanjutnya udah nggak nangis lagi, lanjut mainan yang lain. Fyuuuuuhhh  

Mba Alma kalo diladenin bakal semakin "ndadi" jadi mendingan dicuekin aja. Ini juga salah satu alasan saya untuk menitipkan mba Alma di daycare. Di rumah, dia selalu jadi pusat perhatian. Nah kalo di daycare mba Alma nggak sendirian, dia bareng anak lain. Dimana dia harus belajar berbagi ketika pengasuh nggak cuma fokus ngurusin dia aja tapi ngurus anak lain juga.  

Karena ini adalah sebuah fase yang harus dilewati, maka sebagai orangtua harus pinter-pinter menghadapinya. Jangan sampe kalah sama anak.


5. Main kejar-kejaran

Kejar-kejaran dengan merangkak loh ini maksudnya. Kalo dia udah merangkak sambil liat belakang dan ketawa-tawa, itu artinya dia minta dikejar. Pas lagi dikejar dia akan ketawa-tawa seneng.  


6. Main cilukba sendiri

Akhir-akhir ini dia lagi seneng main cilukba sendiri. Jadi mukanya ditutupi entah pake selimut, baju, handuk. Terus habis itu dibuka dan dia bilang "baaaa". 
Aaaaaa...lucuuu. 
Kalo bapak ibunya ngomong "ciluuk", mba Alma akan jawab "baaaa".


7. Meniru

Duh udah mulai bisa niru-niru nih. Harus ati-ati nih ibu bapaknya. Sementara mba Alma baru bisa meniru gerakan yang terbatas. Misal angkat tangan, goyang badan di kasur, yang simpel-simpel deh. Selain niru gerakan, dia juga bisa niru verbal. Kaya niru intonasi ngomong, tapi ngomongnya entah apaaa. Hahaha


8. Malu-malu

Mba Alma bisa malu-malu juga loh. Misalnya dia ketahuan lg makan tisu terus digodain bapaknya, "hayoooo ketahuaan hayooo mba Alma ngapain". Dia cengar-cengir mbrangkang deketin saya terus lendotan sambil malu-malu.


9. Tertarik sama binatang

Sebenernya mba Alma tertarik sama binatang waktu umurnya masih 6-7 bulan. Dulu waktu mudik ke Gombong juga seneng banget kalo liat kucing di rumah. Kebetulan kan keluarga saya di Gombong pelihara kucing. Tapi dia belum bisa ngejar-ngejar. Kalo sekarang duuuh, liat kucing langsung dikejar sampe masuk kolong. Bapak ibunya pecinta kucing sih ya. Suami saya suka kasih makan stray cat. Jadi ya banyak kucing yang suka dateng ke teras rumah.

Selain kucing, mba Alma juga suka binatang lain kaya semut, ikan dan cicak. Kalo akhir-akhir ini lagi seneeeeng banget sama cicak. Kalo ditanya, "cicak mana??" dia langsung liat ke atas cari-cari di atap dan tembok. Hahahaha
Semut juga biasanya dikejar-kejar sama mba Alma. Dan akuarium rumah juga udah jadi korban diobok-obok.


Banyak juga yah ternyata. Cepeet sekali nggak kerasa. Bayinya udah bisa nangis tantrum T___T
Semoga mba Alma selalu sehat dan ceria ya Nak...

-nuki-



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews