#OurHomeCuisine: Resep MPASI Favorit Alma

10:16 AM



Cieee cieee udah berani nulis resep MPASI mba Alma. Padahal bulan kemarin masih galau-galauan gara-gara mba Alma nggak makan. Hehehehe... saya udah nyerah ah. Nggak mau galau-galauan lagi urusan ngasih makan anak. Yah, namanya bayi napsu makan suka naik turun. Hari ini doyan makan besok nggak mau makan. Sarapan nggak mau buka mulut, tau-tau nanti makan siang maemnya nambah. Yaaahhh... begitulah namanya juga bayiiiik. Orangtuanya yang sabaaar aja yaaaah, jangan sampe habis itu stok sabar. Nek habis gek ndang kulakan meneeeh siiiisst.... 

Setelah trial and error berbagai cara biar mba Alma mau makan, sedikit demi sedikit saya memahami tabiat makannya. Mba Alma itu sensitif banget sama rasa dan bau. Dia udah tau mana rasa yang enak, mana yang enggak. Jadi setiap saya masak buat mba Alma, pasti saya cicipin dulu. Kalo saya doyan, baru saya kasihin. Kalo saya nggak doyan, dijamin mba Alma juga nggak doyan. Hahahaha...jangan mentang-mentang bayi dikasih makan asal campur 4 bintang tanpa memperhatikan rasa. Bubur nasi pun harus dimasak pake air kaldu, kalo pake air biasa dia nggak doyaaaaan T____T

Mba Alma juga sensitif sama bau. Masak ikan bau agak amis dikit, dia nggak doyan. Segala yang berbau menyengat, dia nggak suka. Pasti langsung hoek, pengen muntah. Tahu kalo nggak egg tofu, nggak mau. Secara ya tahu kan baunya agak gimana gitu, kecut apa ya. Tempe juga nggak doyan. Sayuran yang baunya agak langu juga nggak doyan. Brokoli juga nggak suka, karena rasanya agak pait. T____T
Terus ibu harus ngasih makan kamu apaaaaa???? T_____T

Kalo dipikir-pikir selera makanan mba Alma kok mirip sama saya sih??? *tamparmuka
Akhirnya saya ketampar banget. Ya kali ngomongin mba Alma maemnya pilih-pilih, padahal ibunya juga. *fail
Saya juga nggak suka tuh makanan yang hambar, yang plain nggak ada rasanya, ora ngalor lan ora ngidul. Paling nggak harus ada satu rasa yang menonjol entah asin, manis, pedes. Iya, cewek itu butuh kepastian, soal rasa pun. Wkwkwk
Saya juga nggak suka tahuuu kalo pure tahu nggak dicampur sama bahan lain. Brokoli juga baru doyan pas udah kuliah. Duuhh, kok bisa sama banget gini ya sama mba Alma? *karma euuy

Masakan mba Alma selalu saya pisah antara karbo, sayur dan lauk. Soalnya kalo langsung dicampur jadi cepet basi deh. Itu menurut pengalaman saya aja sih. Dan saya masaknya nggak campur 4 bintang. Soalnya kalo dicampur jadi satu anaknya nggak doyan T__T
Ini aja saya masih bingung protein nabatinya dikasih apa aja. Soalnya tahu tempe nggak doyan. Kacang merah doyan tapi itu juga harus dipisah, kacang merah tok. Kacang ijo nggak suka. Saraan dong buibu, protein nabati apa lagi ya? Wkwkwk

Kalo mba Alma suka sama makanannya, mangkok makan bakalan direbut. Makanannya diremet-remet, kadang ada yang dimasukin mulut juga, diraup di muka, dilap ke tangan kaki, kadang mangkoknya juga digigit-gigit. Walaupun berantakan tapi maemnya lahap.
Tapiii ya kalo makanan yang dia nggak suka, baru sekali suap langsung bete. Abis ngerasain makanannya langsung mrengut. Hahaha...jangan harap dia ngerebut mangkok makan. Mangkok makan di meja bakalan disingkirin. Saya taruh lagi juga disingkirin lagi sampe jatoh pokoknya T__T
Disuapin, sendoknya disingkirin, ditamplek. Kalo tiba-tiba saya suapin pas dia lagi nggak sengaja mangap, dia maraaaaahh. Mrenguut, manyuuun, mejanya dipukul-pukul dan berakhir mau turun dari kursi makan. Hahahaha...duuuh bocaaaaahhh

Dari beberapa makanan yang udah pernah saya masak buat mba Alma, ada beberapa yang favorit mba Alma.

1. Pasta Kemangi Saos Tomat Scramble Egg

Bahan:
Pasta (bentuk apa saja boleh)
5 lembar daun kemangi, iris halus
1 buah tomat besar, potong kecil-kecil
1 kuning telur ayam kampung
1/4 buah bawang bombay
1 sdm unsalted butter
3 sdm olive oil

Cara membuat:

Pasta Kemangi
- Rebus sekitar 50 gram pasta. Atau sesuai sama porsi anak aja. Beri 1/2 sdm olive oil di air rebusan pasta.
- Setelah matang, tiriskan pasta. Air rebusannya jangan dibuang yaa.
- Panaskan 1 sdm olive oil, tumis bawang bombay. Tunggu sampe harum. 
- Masukkan daun kemangi, tunggu sampe matang. 
- Masukkan pasta, aduk sebentar. Tambahkan 3 sdm air rebusan pasta. Setelah matang angkat dan dinginkan. 
- Setelah dingin, blender pasta sebentar aja. Tergantung juga sih anaknya umur berapa. Karena mba Alma 7 bulan, jadi saya blender agak kasar. 

Saos Tomat
- Panaskan 1 sdm olive oil. Tumis bawang nombay sampe harum.
- Masukkan tomat yang sudah dipotong-potong. 
- Tambahkan sisa air rebusan pasta. Tunggu sampe tomat benar-benar matang dan lembut dan menyisakan sedikit air. 
- Setelah matang dan dingin, blender. Lalu saring biar bijinya kepisah. Jadilah saos tomat.

Scramble Egg
- Campurkan kuning telur dan unsalted butter. 
- Panaskan di wajan teflon sambil terus diaduk-aduk sampe bertekstur lembut. Angkat lalu dinginkan. 

Sajikan pasta kemangi+scramble egg lalu siram dengan saos tomat. Rasanya agak kecut gurih. 


2. Pasta Tomat Ikan Gurameh

Bahan:
Pasta (bentuk apa saja boleh)
1/2 buah tomat, potong kecil-kecil
80 gram ikan gurameh, kalo bisa sih difillet
1/4 buah bawang bombay, iris
1 siung bawang putih, iris
1 batang daun bawang, iris
3 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk
2 sdm olive oil  

Cara membuat:

Pasta Tomat
- Rebus sekitar 50 gram pasta. Atau sesuai sama porsi anak aja. Beri 1/2 sdm olive oil di air rebusan pasta.
- Setelah matang, tiriskan pasta. Air rebusannya jangan dibuang yaa.
- Panaskan 1 sdm olive oil, tumis bawang bombay. Tunggu sampe harum. 
- Masukkan tomat, tunggu sampe matang. 
- Masukkan pasta, aduk sebentar. Tambahkan 3 sdm air rebusan pasta. Setelah matang angkat dan dinginkan. 
- Setelah dingin, blender pasta sebentar aja. Tergantung juga sih anaknya umur berapa. Karena mba Alma 7 bulan, jadi saya blender agak kasar. 

Ikan Gurameh Kukus
- Potong daging ikan gurameh jadi 2 atau 3 bagian biar nggak terlalu tebal. Saya nggak pake ikan gurameh fillet, ikannya hasil nangkep di kolam dan saya nggak bisa memfillet. Hehe
- Siapkan wadah untuk mengukus ikan, bisa pake mangkok kecil. 
- Siapkan panci pengukus atau steamer listrik. Panaskan dulu. 
- Tata di mangkok: daun salam, ikan, daun jeruk, bawang bombay, bawang putih
- Taruh di pengukus dan tunggu sampe matang. Baunya wangi daun salam.
- Setelah matang, pisahkan ikan dari duri. Haluskan pake sendok.

Sajikan pasta tomat bersama ikan gurameh kukus. 


3. Bubur Nasi Wortel Poached Egg

Bahan:
3 sendok nasi putih
1/4 buah bawang bombay
1 sdt margarin/olive oil
1/2 buah wortel ukuran kecil, iris tipis dan kecil
1/2 tangkai daun bawang 
1 tangkai seledri
400 ml air kaldu
1 lembar daun salam
1 buah kuning telur ayam kampung

Cara membuat:

Bubur nasi putih
- Rebus nasi putih bersama 200 ml air kaldu dan daun salam
- Tunggu sampe nasi lembek jadi bubur. Kekentalan sesuai selera. 

Sop wortel
- Panaskan margarin untuk menumis bawang bombay. Tunggu sampe harum.
- Masukkan air kaldu 200 ml. Tunggu sampe mendidih, masukkan wortel dan daun bawang. Masak sampe lunak dan air kaldu tinggal sedikit. Sebelum diangkat masukkan daun seledri biar wangi.
- Setelah matang saring dengan saringan kawat.

Poached egg
- Pisahkan kuning telur dari putihnya. Panaskan egg poacher, taruh kuning telur. Tunggu sampe teksturnya berubah jadi lembut.

Sajikan bubur nasi putih, sop wortel dan poached egg.


4. Bubur Oats Pir Saus Jeruk

Bahan:
2 sdm oats no instant yang sudah diblender
1/2 buah pir ukuran besar, potong kecil-kecil
30 ml air perasan jeruk sunkist
100 ml air

Cara membuat: 
- Rebus pir bersama 100 ml air sampe lunak. 
- Setelah lunak masukkan oats, masak sebentar. Angkat tunggu agak dingin blender.
- Sajikan bersama saus jeruk. Cocok banget ini kalo dimakan siang-siang pas panas. Rasanya segeer.

***


Sebelumnya mohon map nih soalnya nggak ada potonya. Nggak kepikiran mau posting sih. *alasaaan
Ini favorit waktu mba Alma 7 bulan. Tapiiii ingaat bayi itu cepet bosen. Sekarang suka paling bentar lagi juga nggak doyan. Hahaha
Semangaaat MPASi ya buibuuuk. Semoga bayinya sehat dan ceria selaluuu


-nuki- 


You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews