6 Hal Yang Bikin Kesel Ibu Punya Bayi

8:00 AM

source here


Postingan curhaaat lagiii. Hahahaha

Yang namanya buibuu punya bayi itu sensitif banget, ya kan? Apalagi kalo terkait hal-hal yang menyangkut anaknya. Wiiihhh...bisa senggol bacok. Hahaha
Kadang banyak kejadian di sekitar yang bikin buibu bete, kesel, judeg, marah. Ini beberapa hal yang sukses bikin saya kesel dan jutek.

1. Anak lagi ngantuk tapi digodain terus

Ini nyebelin banget. Anak udah lemes ngantuk tapi masih aja digodain sama orang dewasa di sekitarnya. Walaupun bilangnya, "Bubu dulu ya, bubuuu..." tapi sambil senyam senyum dan tepuk tangan. Ya dikira ngajak main laaahh -______-
Ada lagi yang begini, "Aduh om/tante/eyang/pakde/bude mainnya belum lama e sama kamu, jangan bubu dulu ya." >____<

Pliiss orang dewasa, mengertilah. Bayinya udah capek ngantuk dan butuh istirahat. Masa ya segitu egoisnya karena masih pengen main sama bayi terus bayinya nggak boleh tidur. Kalo ibunya bayi udah bilang, "Ngantuk ya dek, bubu dulu yuk", mohooon lah yaa tau diri sebagai orang dewasa, segeralah melipir menjauh dari bayi. Biar bayi bisa segera tidur. 
Lhaaa nek udah dibilang begitu nggak mempan, langsuung libas aja buuuk. Peringatkan biar bayinya nggak digangguin. 

Saya cerita untuk kasus mba Alma. Dia kalo ngantuk kadang bisa cepet tidur, kadang juga lama baru bisa tidur. Kalo udah capek banget biasanya nenen langsung teler. Tapi kadang setelah nenen belum tentu langsung tidur, kadang bisa sampe setengah jam baru tidur. Dan ketika udah ngantuk tapi belum bisa tidur, mba Alma jadi agresif banget. Guling-guling, mbrangkang sana sini sambil ngoceh tapii itu udah dalam kondisi setengah sadar. Itu cara dia menenangkan diri, kalo udah merasa tenang tau-tau merem aja entah posisinya kaya gimana. Naaaah, orang lain yang lihat nggak paham dikiranya dia belum ngantuk dan masih mau main. Kalo diajak main otomatis terganggu kan proses tidurnya. Anaknya jadi nggak tidur-tidur dan biasanya berakhir cranky.
Sering saya dibilang gini, "wong anaknya belum ngantuk kok disuruh tidur". Udalaah kenyang saya sama omongan macem gitu. 


2. Anak lagi tidur dibangunin

Ini lebih ngeselin sih dari yang pertama. Anak lagi tidur enak tiba-tiba dibangunin. Raaawwwrrr...emaknya pengen nyincang tu orang yang bangunin. Heloow siapa lu berani-beraninya bangunin anak orang??? Emaknya aja nggak berani. 

Kadang kasus kaya gini kejadian kalo pas ada tamu dateng ke rumah atau waktu kita dateng ke acara tapi pas si bayi lagi tidur. 

"Yaaahhh..."mainan" nya tidur, bangunin yah."
"Duh, kok tidur sih? Om/tante/eyang/pakde/bude kan pengen ketemu. Banguun dong dek."

>_____<

Kalo yang kaya gini udah nggak bisa dibiarin niih. Langsung santlaap kalo saya. Jangan sampe deh anaknya dibangunin paksa sama orang-orang macem gitu. Hahaha
Mohon yaaaa orang dewasa, kalo ada bayi lagi tidur pliiiiss jangan dibangunin. Kasihan banget kan, lagi enak tidur kok dibangunin cuma buat memuaskan egoisme orang dewasa yang pengin mainan sama bayi. 


3. Anak nggak mau digendong tapi maksa nggendong

"Yuk gendong om/tante/eyang/pakde/bude." *anaknya pegangan kenceng nggak mau lepas dari ibunya
"Yuuukkk sinii yuuukk..." *diambil paksa, anaknya bete

Sering saya nemu orang dewasa kayak gini. Ibunya sih bukan nggak ngijinin anak digendong orang lain, tapi kalo anaknya nggak mau jangan maksa dong yaaa. Apalagi kalo baru pertama ketemu, biasanya bayi akan nolak digendong orang baru. Beri waktu buat bayi untuk mengenali dulu. Kalo belum mau digendong ya sabaar dulu, jangan asal ambil paksa aja. 


4. Anak lagi makan tapi dibecandain terus

Buat ibu-ibu yang anaknya susah makan kaya saya pastinya bakal jengkel banget. Lhaaaa lagi nyuapin susah-susah malah diajak bercanda terus. Kapan dia konsen sama makanannya??

Apalagi mba Alma anaknya gampang terdistraksi. Ada yang nggodain dikit langsung deh dia nggak fokus lagi sama makan. Kelaaar udaah makannya  T___T 
Mohon yang merasa masih suka godain anak waktu makan, toloong bangeet ya dihentikan kebiasaannya. Kalo ada anak lagi makan segera menyingkir dulu. Jangan digodain walaupun dengan kata-kata macem gini, "Aaaaak ayoo makan dek, aaaakkk dulu." 


5. Lagi melakukan sesuatu buat bayi (mandiin, makein baju, nyuapin, dll) tapi kebanyakan dikasih instruksi

"Eh itu lehernya belum, itu ketiaknya masih ada sabun, anaknya digeser dikit....blablabla" *ngomentarin buibu yang lagi mandiin bayi

Buibuuu pernah ngalamin kaya gitu?? Gemeees banget deh ihhh. Pengen ngelempar pake gayung. Hahaha...
Duh speechless ahh mau ngomong apaan di sini. Yang jelas kalo saya digituin cuma cuek aja seolah-olah nggak denger suara. Tapi di hati rasanya duuuuh keseeel banget, ngapain sih pake ngasih instruksi macem-macem, bantuin juga enggak. Ciiihhh >___<


6. Anak dibandingin sama bayi lain

"Eh, anaknya si A udah bisa jalan loh, anakmu kok belum? seumuran kan yah?"

Wahai bapak/ibu/sodara, setiap bayi itu beda-beda. Nggak usah banding-bandingin ya. Apalagi di depan orangtuanya. Hindari banget deh membandingkan bayi. 



Mungkin buibu ada yang lain? Silahkan share :)

-nuki-

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews