#CeritaAlma: Alma 9 Bulan

3:05 PM



Nggak kerasa udah 9 bulan aja mba Alma. Untuk bulan ini belum nimbang lagi, soalnya posyandu di rumah jatuhnya tiap tanggal 4. Semoga beratnya naik ya sayang. Bulan ini lagi susah makan soalnya  -___-

Bulan ini lebih banyak ke perkembangan kemampuan dia berkomunikasi sih. Kalo motorik kasar ya masih merangkak tapi udah cepet, udah ngikutin saya di belakang kalo saya jalan. Rambatan udah lumayan nggak ragu-ragu lagi. Naik turun kasur udah bisa sendiri.


Langsung aja lah ya update bulan ini mba Alma ngapain

1. Suka memanjat

Mba Alma lagi seneng manjat nih. Manjat kasur, manjat bantal. Mau manjat kotak wadah mainan tapi belum bisa. Hahaha
Jadi sekarang dia udah bisa naik turun kasur sendiri. Cuma kadang kalo turun kasur masih agak mikir-mikir dia.



2. Main petak umpet

Horeee...akhirnya mba Alma bisa main petak umpet beneran. Awalnya sih bapak ibunya cuma tutupan mukanya aja entah pake bantal, sarung, selimut, apa aja deh yanh bisa buat tutupan. Tapi tangan kaki masih keliatan. Kalo udah tutupan pasti bakal didatengin sama mba Alma dan dibuka sampe keliatan mukanya. Terus dia nyengir. 

Dan kami berinisiatif buat ngumpet beneraaan. Hahaha...ini mainnya harus berdua. Yang satu mengalihkan perhatian anak, satunya ngumpet. Ngumpetnya harus ganti-ganti tempat, kalo nggak ganti dia apaaaal -____-

Kalo uda ngumpet baru deh bilang, "bapak mana yaaa" atau "ibu mana yaa". Terus mba Alma akan mbrangkang nyariin. Dan kalo berhasil ketemu, ekspresinya seneeeng banget. Teriak-teriak sambil ketawa. 
Nggak kerasa anaknya udah bisa diajak main. Yeyeye



3. Coret-coret

Ini awalnya dia seneng banget mainan pulpen saya. Tiap saya lagi nulis pulpen direbut. Akhirnya pulpen itu dibawa main ke mana-mana. Sampe akhirnya saya menemukan mba Alma lagi nggosrek-nggosrek pulpen ke bukunya. Eh yaudah sekalian aja saya ajarin coret-coret di kertas kosong. Bisa sih coret-coret tapi ya pegangnya emang masih asal. Dan bukan cuma coret-coret di kertas aja, di sprei, di baju, di badan -____-



4. Lebih bisa diajak komunikasi

Di usia ini mba Alma tambah ceriwis. Kalo dipanggil, dia akan nengok atau menghampiri. Kalo ditanya atau diajak ngomong, dia jawab dengan bahasanya sendiri. Hahahaha...saya juga nggak ngerti dia ngomong apaaa. 

Dia juga udah bisa ngasih tau sesuatu. Waktu itu bapaknya pulang dari kerja nanyain, "eh tadi mba Alma nulis ya?". Mba Alma langsung mbrangkang ambil pulpen, coret-coret di buku. Ahhhh terharuuu...

Mba Alma juga udah tau kalo nggak boleh atau dilarang. Habisnya dia suka banget makan tisu sama kertas dan mainan lainnya. Tapi giliran makanan, dia nggak mau -____-
Dia tau kalo barang-barang itu nggak boleh dimakan, tapiiii mba Alma malah sengaja ngerjain saya. Kalo dia mulai masukin sesuatu ke mulut, saya akan bilang "mba Alma, itu bukan makanan, tidak boleh dimakan". Daaaan dia akan ketawa-ketawa ngece sambil tetep makan mainan. Paling sebel kalo makan tisu, soalnya kan gampang sobek. Setelah sobek dan masuk mulut, mba Alma akan nutup mulut rapet-rapet, tisunya nggak boleh diambil. Sampe saya korek-korek 
-___-

Suatu ketika mba Alma nabok-nabok muka saya. Saya bilang, "Mba Alma kok begitu sama ibu. Disayang dong, ibu disun." Dia suuun pipi sayaaa. Ahhhh terharuuuu..... anaknya udah bisa disuruh sun. 

Mba Alma udah bisa pilih baju sendiri juga. Terutama kalo mau pergi. Biasanya saya ambil 2 baju, terus dijejer. Yang dia pilih, itu yang dipake. Kalo baju yang dia nggak suka, susaaah bgt mau dipakein, pengen nglepas terus. Kalopun udah berhasil dipake nanti bakalan ditarik-tarik minta dilepas -____-


5. Toilet Training

Mba Alma mulai belajar toilet training di awal usia 8 bulan. Tapi yaaaa saya yang kadang nggak konsisten. Sekarang toilet training, besok pake diaper. Jadi kadang berhasil kadang juga nggak berhasil. Biasanya saya ajak ke toilet setiap 1 jam sekali kalo cuaca panas dan setengah jam sekali kalo pas hujan. Sebenernya mba Alma udah bisa ngasih tanda kalo dia mau pipis atau pup. Cuma kadang orangtuanya yang kurang tanggap -___________- *gagaaaal
Ini lain kali saya posting sendiri deh tentang toilet training. Panjang soalnya.


6. Lebih sering diajak bersosialisasi

Kami berkomitmen untuk lebih sering mengajak mba Alma bersosialisasi, terutama sosialisasi dengan sesama bayi. Jadi saya ngajak mba Alma main ke rumah temen yang mereka juga sama-sama punya bayi atau anak kecil. Kadang penasaran juga kan kalo sesama bayi main bareng itu kaya apa. Apa beneran seru kaya yang biasa ditonton di youtube??

Jawabannya adalah seruuu!!!
Kalo main sama yang seumuran seruuu bangeet. Lucuuuu. Sini teriak, sana nyautin teriak. Nggak tau deh mereka ngomongin apa. Waktu itu sempat main sama anak temen suami yang selisih 2 bulan lebih tua mba Alma. Jadinya sama-sama belum ngerti. Mba Alma tertarik dan mendekati si Ce (anggap saja namanya Ce). Terus dia mulai pegang-pegang, dari tangan, kaki, muka, kepala, dada. Si Ce diem aja. Pertama sih cuma pegang ya, lama-lamaa nggrawuuuk alias nyakar. Ce akhirnya nangis, terus dibawa ibunya ke kamar. Eh mba Alma masih ikutan ngejar ke kamar dan masih ngotot pengen pegang-pegang Ce. Duuuh anaknyaaa -____-

Kami penasaran, gimana kalo mba Alma main sama anak yang lebih gede? Akhirnya kami ajak main ke temen yang anaknya udah agak gedean, hampir 2 tahun, sebut saja namanya Ga. Awalnya mba Alma masih ngeliatin aja. Lama-lama mau mulai mainan, terus mainannya Ga direbut. Ga diem aja. Abis itu mainannya dibalikin lagi. Kami disuguh jagung tuh. Ga makan jagung. Mba Alma mulai deketin Ga, jagungnya direbut. Terus dia mulai megang-megang mukanya Ga dan nggrawuk  -____-
Duh anak siapaaa iniiii....
Tapi lama-lama si Ga mau ngajakin Alma main. Main cilukba, main petak umpet, mainan puzzle. Mba Alma seneeng. Ya karena Ga udah ngerti kalo mba Alma masih kecil harus diajak main.




Semoga mba Alma selalu sehat dan ceriaaa. Amiiin

-nuki-




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews