Pentingnya Menjaga Kesehatan

8:00 AM

source here


Satu nikmat yang seringkali lupa untuk disyukuri adalah nikmat sehat. Betapa nikmatnya hidup sehat. Mau makan enak, mau aktivitas juga enak. Tapi kalo sakit? Makan nggak enak, aktivitas nggak bisa. Punya uang banyak kalo sakit juga buat apa kan?

Alhamdulillah sampe umur saya sekarang ini saya sehat. Sehat dalam artian nggak punya sakit yang bahaya dan kambuhan. Palingan sakit flu atau masuk angin. Biasa lah itu sakit musiman. Hahaha...

Ini sebenernya postingan karena suami (lagi-lagi) sakit maag-nya kambuh. Saya speechless, sedih. Masa ya dalam 1 bulan kambuh 2 kali T___T


Sakit maag-nya suami itu udah dari kecil, Naaah loo, dari kecil udah sakit maag, kok bisa?? Saya juga heran. Dulu katanya sih susah makan, makannya diemut. Terus maunya minum susu aja, makan sedikit. Jadi kenyang karena SUSU. BUKAN MAKANAN. *harus banget ini pake capslock*
Ini jadi pelajaran banget buat mba Alma besok, jangan sampe deh kaya bapaknya. Saya sih berniat nggak ngasih susu ke mba Alma selepas ASI. Kalo dia minta aja baru dikasih. 


Karena sakitnya udah dari kecil, makin gede malah tambah parah. Sediiih bangeet T___T
Sampe akhirnya 3 bulan yang lalu suami divonis sakit refluks laringofaring. Jadi asam lambungnya naik sampe menginfeksi tenggorokan. Baru ketauan deh sakitnya. Sebelum-sebelumnya sering tuh sakit tenggorokan, dikira radang biasa. Ke dokter umum nggak mempan, akhirnya ke spesialis THT. Baru deh ketauan kalo itu karena asam lambung.


Dan akhir-akhir ini jadi sering kambuh. Karena apa?? Jawabannya karena STRESS. *harus banget dibold*
Iya, stress karena pekerjaan. Saya maklum kalo suami bisa stress. Main job suami adalah dosen. Tapi side job nya banyaaaaak. Itu yang bikin stress. Bukan stress karena beban pekerjaannya, tapi karena masalah non teknis yang ada dalam pekerjaan itu. Tau sendiri lah yaaa, kerjaan di Indonesia mana ada yang bisa tepat waktu sesuai jadwal. Apalagi kalo urusannya sama birokrasi, ihhhhh ngejak gelut banget deh. Tolooong yaaa... semua pekerjaan numpuk di akhir tahun. Iyaaa begitulah, saya paham banget karena saya pernah kerja di birokrasi pemerintah.


Oke lanjut ya, saya mau sok-sok an ngasih tips jaga kesehatan. Hahahaha... sotooy bangeeet *biariiin deeeeh


1. Hindari STRESS

Pada akhirnya ini yang jadi prioritas nomer satu. Karena udah ngerasain banget kalo stress itu bener-bener nggak sehat. Hampir semua penyakit bisa disebabkan karena stress. Bahkan sampe sakit gatel-gatel pun. 

Seberat apapun masalahnya, usahakan jangaaan jangaaaan sampe stress. Saya sendiri punya sakit vertigo, kalo stress berat bakalan kambuh. Suami saya kalo stress asam lambung langsung naik. 

Mengadulah sama Yang Maha Kuasa. Sharing masalahnya sama pasangan atau sama partner kerja. Saya sok-sok an banget ngasih tips begini, padahal ngasih tau suami juga susah banget. Soalnya dia orangnya pemikir. Apa-apa dipikir. Lama-lama saya ajarin cuek kaya saya deh. 


2. Kenali LIMIT diri sendiri

Setiap orang pasti punya limit atau batas kapan dia bisa sakit. Dan itu yang tau cuma dirinya sendiri, bukan orang lain. Misalnya nih, saya bakalan sakit kalo 3 hari begadang terus. Atau saya bakalan sakit perut kalo telat makan. Semacam gitu deh. 

Jadi jangan sampe melewati limit itu. Kalo uda ngerasa mau sakit, segera istirahat dan makan makanan yang meningkatkan daya tahan tubuh. Limit ini harus dikenali oleh diri sendiri, bukan orang lain. Makanya saya nggak pernah ngatur-ngatur suami nggak boleh makan ini itu, karena dia sendiri yang tau limit tubuhnya. Misalnya, sakit maag nya akan kambuh seketika kalo minum kopi. 


3. Makan sehat dan bergizi

Ini penting karena sehat atau sakit itu juga berawal dari apa yang kita makan. Usahakan makan dengan gizi seimbang biar asupan gizinya tercukupi. Kurangi junk food dan makanan kolesterol tinggi. Usahakan juga makan makanan yang segar, bukan makanan yang diangetin. Ini yang kadang suka lupa. Karena makanan yang diangetin itu kandungan gizinya bakalan rusak.


4. Istirahat cukup

Istirahat yang cukup dengan tidur minimal 8 jam sehari. Boleh lah lembur kalo emang lagi ada deadline yang mendesak. Tapi jangan sering-sering. Saya kalo kurang tidur biasanya jadi demam sama sakit kepala. 


5. Olahraga teratur

Olahraga teratur itu penting. Harus banget teratur nya itu dibold. Karena apa?? Karena kuncinya di kata teratur itu. Mau fitnes 3 jam juga kalo cuma 2 bulan sekali, apa ya ngaruh?? Lebih baik olahraga ringan kaya semacam senam ringan dengan durasi 15- 30 menit tapi teratur setiap hari. 
Rasanya beda loh. Mengawali hari jadi lebih seger. 


Segitu dulu dari saya. Intinya hidup sehat itu penting banget. Itu kenapa kesehatan jadi salah satu standar kualitas hidup.
Kalo ada yang mau nambahin monggooo bangeeett. 

-nuki-




You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

About Me

Like us on Facebook

Flickr Images

Total Pageviews